Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Beli Tiket Bus, Waspada Calo yang Kerap Menyamar Jadi Kru

Kompas.com - 27/03/2024, 13:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi premanisme calo tiket bus kembali beroperasi menjelang musim mudik Lebaran 2024. Misalnya seperti yang terjadi di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu (24/3/2024). 

Kejadian itu terekam pada video yang di media sosial, ada dua calo tengah mengintimidasi seorang calon penumpang.

Kedua calo itu memaksa untuk membeli tarif tiket yang dibanderol dengan harga tiga kali lipat dari tarif normal. Akhirnya, kedua oknum calo tersebut terlibat adu mulut dengan calon penumpang bus lantaran tidak menuruti keinginannya.

Baca juga: Video Motor Jatuh karena Diderek, Lebih Baik Pakai Tali atau Distep?

Djoko Setijowarno, pengamat transportasi dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah MTI, mengatakan, ada beberapa tips bagi calon penumpang bus agar tidak alami hal serupa. 

"Jangan berjalan sendiri di area yang sepi karena nantinya akan langsung jadi target dari calo. Kalau bingung bisa ke warung atau rumah makan untuk jajan apa saja sambil tanya ke penjual lokasi beli tiket bus yang benar. Nantinya pasti penjual akan membantu untuk mengarahkan lokasi yang tepat untuk beli tiket," kata Djoko kepada Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Area loket tiket PO bus AKAP di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta TimurKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Area loket tiket PO bus AKAP di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur

Baca juga: Prediksi Arus Mudik Lebaran 2024, Terbanyak ke Jawa Tengah

Untuk ciri-ciri calo juga mudah dikenali dari tampilan, misalnya terlihat berantakan atau nyentrik dengan gerak-gerik mencurigakan.

 Djoko menyarankan agar calon penumpang hati-hati bila ada orang dengan ciri-ciri seperti itu menghampiri dan mencoba ajak bicara. Maka dari itu, sebaiknya langsung saja ke area loket terminal jangan beli tiket bus di luar area terminal.

"Namun, pada dasarnya Teminal Tipe A itu sudah bersih calo semenjak dikelola oleh pemerintah karena sudah diawasi. Sekarang juga sudah ada pusat informasi yang bisa dimintai bantuan," kata Djoko.

Perlu diwaspadai, calo tiket biasanya menyamar dengan menggunakan seragam dengan atribut PO bus resmi.

Jangan tertipu dengan penampilan seperti itu, usahakan membeli di loket agen langsung. Bila ditawarkan tiket oleh calo, tolak dengan halus dan segera tinggalkan lokasi tersebut.

Cari pos-pos keamanan, atau petugas keamanan yang berjaga-jaga di sekitar terminal, untuk meminta bantuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com