Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Mobil Listrik BMW i5, Punya Interior Vegan

Kompas.com - 27/03/2024, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Group Indonesia resmi meluncurkan model terbaru dari BMW Seri 5, di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Seri 5 terbaru ini hadir dengan penggerak listrik (full electric vehicle/EV). Versi listrik dari Seri 5, i5, sekaligus menjadi pelengkap dari lini EV BMW yang sudah dijual di Indonesia. Seperti i4, iX, i7, dan iX1.

“Pada 2023, lebih dari sepuluh juta unit BMW Seri 5 telah diproduksi. Dengan diperkenalkannya BMW i5, BMW Group sekali lagi memperluas rangkaian kendaraan bertenaga full-listrik,” ucap Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Baca juga: Mobil Listrik Terbaru BMW i5 Meluncur, Harga Masih Rahasia

BMW Seri 5 terbaru hadir dengan desain yang sporty, dilengkapi garis tegas namun tetap minimalis. Hadir dalam varian BMW i5 eDrive40 M Sport, kendaraan ini dilengkapi dengan teknologi BMW eDrive generasi kelima yang ditingkatkan secara ekstensif.

Secara dimensi BMW i5 memiliki panjang 5.060 mm, lebar 32 mm menjadi 1.900 mm, dan tinggi 1.515 mm. Jarak sumbu rodanya diperpanjang dari generasi sebelumnya menjadi 2.995 mm.

Tampak depan, BMW Seri 5 terbaru hadir dengan ciri khas double kidney grill yang dibuat menonjol ke depan, dilengkapi dengan BMW Iconic Glow yang dapat menyala seperti di BMW i7.

Peluncuran mobil listrik BMW i5Kompas.com/Nanda Peluncuran mobil listrik BMW i5

Untuk sektor pencahayaan BMW i5 menggunakan adaptive LED, elemen lampu disusun secara vertikal yang berfungsi sebagai sein.

Berlanjut ke bagian samping, BMW i5 terbaru tampak gagah dengan garis tegas yang memanjang. Side skirt berwarna hitam, door handle yang dipasang rata, dan angka 5 timbul di dasar pilar C semakin menarik perhatian.

BMW i5 yang hadir dalam trim M sport dilengkapi dengan spoiler M, pelek 20 inci M aerodynamic wheels 939 M Bicolour Black Grey serta M Sport brake dalam warna Dark Blue Metallic hadir sebagai standar.

Ke bagian interior, BMW i5 merupakan model pertama yang hadirkan interior yang sepenuhnya vegan (bukan produk hasil hewani) sebagai standar, material yang digunakan adalah Veganza yang memiliki sifat seperti kulit dengan perforasi dekoratif.

Material ini digunakan pada permukaan jok, dasbor dan panel pintu, serta setir kemudi untuk pertama kalinya.

BMW i5BMW BMW i5

Layout dasbor BMW i5 terlihat lebih minimalis, karena berkurangnya sejumlah tombol di bagian konsol tengah. Meski begitu, BMW i5 tetap menawarkan Curved Display yang menjadi ciri khas BMW yang berorientasi pada pengemudi.

Terdiri dari layar ganda yang meliputi head unit berukuran 12.3 inci, serta panel instrumen sebesar 14.9 inci.

Karakter premium semakin ditingkatkan lagi dengan panorama glass roof dan HiFi loudspeaker system by Harman Kardon.

Bicara soal jantung pacu, BMW i5 disematkan baterai berkapasitas 81,2 kWh. Dengan baterai tersebut, sedan listrik mewah asal Jerman itu mampu menghasilkan jarak tempuh hingga 582 Km dalam sekali pengisian.

BMW i5 menggunakan penggerak roda belakang yang dapat menghasilkan output maksimum 340 hp dan torsi maksimum hingga 430 Nm. Mobil ini diklaim mampu berakselerasi 0-100 Km hanya dalam 6 detik.

Selain itu, BMW i5 turut dibekali dengan sejumlah fitur canggih, seperti Parking Assistant Professional, termasuk Reversing Assist, sebagai standar. Kemudian ada juga parkir otomatis dan manuver hingga 200 meter yang dapat dikontrol di dalam kendaraan.

Baca juga: Sopir Truk Sekarang Lebih Pilih Jalan Sendiri Tanpa Kernet

Sayangnya, BMW belum mengumumkan harga dari sedan listrik terbarunya itu. Banderol BMW i5 eDrive40 M Sport akan diinformasikan secara resmi pada April 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com