Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mudah Tertipu, Toyota Limo Bekas Taksi Dijual Jadi Vios

Kompas.com - 27/03/2024, 03:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini kasus penipuan mobil bekas eks taksi oleh salah satu bengkel mencuat di dunia maya. Pasangan suami-istri jadi korban bengkel yang tidak bertanggung jawab.

Pasutri tersebut awalnya ingin membeli mobil bekas eks taksi yang sudah dimodifikasi. Namun setelah menunggu lama mobil tak kunjung didapat dan dikabarkan bahwa pemilik bengkel kabur membawa uang.

Baca juga: Gresini Racing Siap Bangkit untuk MotoGP Amerika 2024

Sementara itu, Andi, pemilik showroom mobil bekas Jordy Motor di MGK Kemayoran, mengatakan, Toyota Limo eks taksi memang cukup populer buat orang yang mencari mobil bekas harga terjangkau.

Unit mobil bekas taksi Blue Bird Toyota Limo yang dijual di diler Mobil GoKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Unit mobil bekas taksi Blue Bird Toyota Limo yang dijual di diler Mobil Go

"Karena murah terus bandel," ujar Andi kepada Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Namun di lapangan, kata Andi, ada saja orang curang yang menjual Toyota Limo eks taksi yang dijual sebagai Vios. Perilaku ini tentu merugikan konsumen sebab mendapat unit yang berbeda dari seharusnya.

Andi mengatakan, calon konsumen wajib curigai penjual yang menawarkan Vios dengan harga di bawah pasaran apalagi jika surat-suratnya tidak lengkap karena rawan dimanipulasi.

Salah satu unit Toyota Limo eks taksi Blue Bird siap jual yang dipajang di pool Blue Bird di Depok, Jumat (29/6/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu unit Toyota Limo eks taksi Blue Bird siap jual yang dipajang di pool Blue Bird di Depok, Jumat (29/6/2018).

Baca juga: Serba Ringkas, Sensasi Uji Fitur Tiggo 5X di Jalur Perkotaan

"Kilometer diputar, kemudian mobil diupgrade ke Vios," ucap Andi.

"Setahu saya, kemudian jualnya balik nama tapi bilangnya faktur hilang. Biasanya fakturnya tidak ada, sebab kalau dilihat fakturnya nanti kelihatan itu misalkan PT Blue Bird atau perusahan taksi lain," ujarnya.

Andi mengatakan, saat ini popularitas Vios tetap terjada di bursa mobil bekas. Harga bekasnya juga relatif stabil di mana untuk unit tahun 2014 masih di angka Rp 120 juta-Rp 140 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com