Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Motorrad Patenkan Teknologi Lampu Motor Gyro, Anti-Miring

Kompas.com - 26/03/2024, 20:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi motor terus berkembang, salah satu yang paling rajin berinovasi adalah BMW Motorrad. Setelah mau memasang lampu laser ke motor, sekarang BMW mematenkan teknologi lampu depan motor yang stabil.

Dikutip dari Rideapart, BMW mendesain lampu depannya bisa mati dan menyala secara adaptif tergantung dari kemiringan motor. Jadi ketika belok, cahaya yang dipancarkan tetap rata, tidak ikut miring seperti motornya.

Jadi ada tiga axis seperti di gimbal yang membuat lampu tetap stabil saat motor miring ke kiri-kanan, bahkan atas-bawah. Jadi memungkinkan saat mengerem mendadak atau wheelie, cahaya yang dipancarkan tetap rata.

Baca juga: Punya Pabrik Baterai, Hyundai Bakal Genjot Produksi Mobil Listrik

Lampu motor yang stabil, gambar paten dari BMW MotorradRIDEAPART Lampu motor yang stabil, gambar paten dari BMW Motorrad

Selain membuat stabil dari cahaya yang keluar, lampunya nanti bisa berbelok. Jadi bisa meningkatkan keselamatan karena menerangi arah motor menuju.

Cara kerjanya, lampu tersambung ke inertial measurement unit (IMU) yang biasanya jadi alar buat sistem asisten motor. Seperti, kendali traksi berdasarkan kemiringan motor, cornering ABS, slide control, sampai anti-wheelie.

Baca juga: Lampu Rem Punya Peran Penting, Jangan Diabaikan jika Mati


Uniknya lagi lampu ini bisa dipasangi kamera. Jadi bukan cuma membuat stabil cahaya yang dipancarkan, tapi juga jadi alat buat ambil gambar dan video yang stabil.

Jadi mari kita tunggu saja akan seperti apa paten teknologi ini saat diterapkan ke motor produksi. Tapi bisa juga tidak jadi diwujudkan karena terlalu canggih, seperti tidak begitu diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com