Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Konsumsi BBM New Honda City dan All New Vios

Kompas.com - 26/03/2024, 20:11 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sedan entry level diisi oleh sejumlah nama besar. Namun ada dua model yang dapat dikatakan bersaing ketat yaitu Honda New City dan All New Toyota Vios.

Kedua sedan asal Jepang tersebut memang bersaing sejak lama di segmen sedan murah. New City lahir pada 2023 dengan upgrade Honda Sensing sedangkan Vios generasi anyar datang pada akhir 2022.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Tuas Transmisi Mobil Matik Macet

Sebelumnya redaksi Kompas.com sudah membandingkan eksterior dan interior keduanya, maka kali ini akan membahas hasil tes konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar penting sebab harga bensin saat ini makin mahal.

New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda SensingFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda Sensing

Konsumsi bahan bakar yang diukur dalam pengujian ini meliputi rute dalam kota, dengan kondisi jalan yang beragam pada siang hari dan malam hari meliputi jalan tol dan non tol alias jalan kombinasi.

Kedua mobil diisi bahan bakar Pertamax RON 92 namun berbeda pengemudi sehingga gaya berkendaranya berbeda meski pengoperasian pada umumnya dan tidak mencari efisiensi tertinggi atau irit-iritan.

New Honda City sedan dengan Honda Sensing mengusung mesin 1.5L empat silinder yang mampu menghasilkan 119 Tk dan torsi 145 Nm. Seperti disebutkan, pengendaliannya nyaman dan tenaganya yang cukup akseleratif.

Baca juga: Telat Ganti Cakram Motor Bisa Picu Kecelakaan Fatal

Toyota All New Vios Generasi 4dok.TAM Toyota All New Vios Generasi 4

Pada pengetesan ini, tercatat pada layar MID bahwa konsumsi BBM untuk City sedan dalam wilayah perkotaan dengan jarak tempuh 83 km, ialah 9,4 km per liter. Lebih boros dibandingkan jalan kombinasi yaitu 11 km per liter.

Adapun generasi terbaru Toyota Vios yang dibawa ke Indonesia dari Thailand menggunakan mesin 2NR-VE bertransmisi CVT baru dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang lebih ringan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Cakram Motor yang Sudah Lecet Wajib Diganti?

Klaim PT Toyota Astra Motor (TAM), berdasarkan pengetesannya terdapat selisih 3 km per liter dibanding model Vios sebelumnya yaitu sampai di atas 20 kilometer per liter (kpl).

New Honda City sedan dengan Honda SensingKOMPAS.com/Gilang New Honda City sedan dengan Honda Sensing

Vios generasi keempat menggunakan mesin berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder, DOHC, dual VVT-i, yang menghasilkan 104 tk dan torsi 138 Nm. Meski sebenarnya tenaga mobil menjadi lebih kecil 3 dk dari sebelumnya.

Saat dites dengan pemakaian normal, konsumsi BBM Vios di jalur perkotaan mencapai 10,6 km per liter di kondisi ruas jalan yang sibuk. Sedangkan saat melintasi jalur kombinasi catatannya naik jadi 12 km per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com