Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Seal dan Dolphin Jadi Mobil Paling Aman di Dunia

Kompas.com - 14/03/2024, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah studi menunjukkan bahwa mobil listrik asal China BYD Seal dan Dolphin menjadi mobil teraman. Ini berdasarkan hasil yang penelitian yang dilakukan oleh Compare the Market Australia.

Kedua mobil tersebut bergabung dengan Kia Sportage, Mitsubishi Outlander dan Tesla Model Y di posisi lima besar.

"BYD Seal dan Dolphin menunjukkan skor keselamatan yang tinggi terhadap kriteria pengujian tahun 2023 yang paling ketat dari otoritas keselamatan Australia dan Eropa, di samping sistem bantuan keselamatan yang berstandar universal secara global," ucap Adrian Taylor, Manajer Umum Eksekutif Asuransi Umum Compare the Market.

Baca juga: Mudik Gratis untuk Motor Naik Kapal Laut Dibuka, Cek Syaratnya

Dikutip dari Carnewschina, Kamis (14/3/2024), studi ini dilakukan oleh para ahli asuransi mobil. 32 model kendaraan dari enam negara diperiksa.

Adapun enam negara tersebut adalah Australia, Selandia Baru, Jerman, Inggris, Amerika Serikat dan Kanada. Negara tersebut diawasi oleh tiga otoritas keselamatan yang berbeda-beda.

BYD Dolphin mejeng di IIMD 2024, jadi salah satu mobil listrik yang diacungi jempol oleh JokowiKompas.com/Daafa Alhaqqy BYD Dolphin mejeng di IIMD 2024, jadi salah satu mobil listrik yang diacungi jempol oleh Jokowi

Untuk mendapatkan peringkat keselamatan secara keseluruhan, ketiga lembaga tersebut dianalisis di bawah Global New Car Assessment Programme (Global NCAP).

Selain itu, pemeriksaan ini juga mengamati apakah sistem bantuan keselamatan utama tersedia secara universal pada setiap model.

Peringkat keselamatan ini diberikan oleh ANCAP, Euro NCAP dan NHTSA. Kemudian ada beberapa poin yang juga diperiksa, mulai dari kamera mundur, automatic emergency braking, serta lane assistance.

Baca juga: Catat Waktunya, Polisi Terapkan One Way Arus Mudik mulai 5 April 2024

Hasilnya, kedua model BYD, yakni Seal dan Dolphin menerima lima bintang dalam pengujian ANCAP dan Euro NCAP versi 2023. Ini membuat dua model tersebut menduduki peringkat teratas dengan kriteria keselamatan terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com