Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gratis untuk Motor Naik Kapal Laut Dibuka, Cek Syaratnya

Kompas.com - 14/03/2024, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menggunakan truk dan kereta api, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga membuka mudik gratis untuk sepeda motor melalui kapal laut.

Program ini dibuat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman, sekaligus menekan penggunaan motor untuk mudik.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi mengatakan, program ini merupakan wujud komitmen dalam mendukung mobilitas masyarakat Indonesia, terutama selama periode Lebaran.

"Kami berharap program ini dapat memberikan kemudahan bagi pemudik dalam merayakan momen penting bersama keluarga tanpa harus merasa khawatir akan biaya dan kenyamanan perjalanan," ujar Antoni dalam keterangan resminya, Kamis (14/3/2024).

Baca juga: Bukan Pajangan, Ini Fungsi Tombol Release di Tuas Transmisi Mobil Matik

Pendaftaran telah dibuka dari 13 Maret sampai 7 April 2024. Masyarakat yang berminat, bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan tiket gratis melalui situs mudikgratis.dephub.go.id.

Mudik gratis sepeda motor via kapal laut KEMENHUB Mudik gratis sepeda motor via kapal laut

Sementara untuk kuota yang disediakan, sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 motor. Program ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan dengan rute Tanjung Priok menuju Tanjung Emas di Semarang, dan sebaliknya.

Waktu keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada 5 dan 7 April, sementara keberangkatan arus balik dilaksanakan pada 13 dan 15 April 2024.

Sedangkan untuk persyaratan mudik gratis motor via kapal laut, sebagai berikut :

1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK

2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.

3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.

Baca juga: Jelang Mudik, Ini Pilihan Mobil Matik Baru di Bawah Rp 250 Juta

Mudik gratis sepeda motor via kapal laut KEMENHUB Mudik gratis sepeda motor via kapal laut

4. Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik, mulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah) di:
* Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jl. Panaitan No. 105, Tanjung Priok – Jakarta Utara.
* Kantor Kementerian Perhubungan RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat (wajib menggunakan kemeja atau polo shirt dan menggunakan sepatu. Mengingat keterbatasan lahan parkir maka disarankan untuk tidak membawa kendaraan, atau memarkir kendaraan di tempat lain).

5. Verifikasi Calon Peserta Arus Balik (hanya untuk peserta arus balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di semarang dan sekitarnya) mulai 22 Maret 2024, (termasuk hari libur dan tanggal merah) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jl. Yos Sudarso No.30, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang - Jawa Tengah. (SKY/MM/HB)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com