Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Mulai Menerima Truk dan Bus Euro 4 dari Mercedes-Benz

Kompas.com - 14/03/2024, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) sudah memperkenalkan produk Euro 4 pertamanya, yakni Mercedes-Benz Axor, sejak 2022. Selain itu, baru-baru ini, lini produk bus dengan standar Euro 4 dan Euro 5 resmi juga dirilis.

Axor Euro 4 yang dijual lebih dulu mendapatkan penerimaan yang baik dari konsumen. Padahal, teknologi biar mendapatkan standar emisi tersebut, harus ada penambahan Adblue, cairan yang bisa menurunkan gas buang.

Tambahan Adblue pada gas buang tentu menambah ongkos operasional. Hanya saja, menurut Direktur Utama DCVI Naeem Hassim, para konsumen sudah mulai menerima teknologi tersebut.

Baca juga: Daimler Pastikan Bus Mercedes-Benz yang Keluar Karoseri Sesuai Standar

Mercedes Benz Actros 2636KOMPAS.com/FATHAN Mercedes Benz Actros 2636

"Sejauh ini tidak ada komplain dari konsumen. Penerimaan dari pasar sejauh ini bagus," ucapnya di Jakarta belum lama ini.

Mengenai Adblue yang wajib digunakan pada truk dan bus Mercedes-Benz yang sudah Euro 4, Naeem bilang bahwa pada akhirnya semua akan beralih. Soal biaya tambahan, hal itu harus disiapkan menuju bumi yang lebih hijau.

"Sekarang soal tambahan biaya (tambah Adblue) kita harus bergerak ke zero emission, semuanya harus. Semua harus berencana ke depan, maka akan ada biaya yang bertambah," kata Naeem.

Baca juga: Gresini Racing Optimistis Hadapi MotoGP Portugal 2024


Selain itu, Naeem melihat para konsumen sekarang sudah bergerak pola pikirnya. Mereka bukan mengeluhkan lagi soal Euro 4 atau Euro 5, tapi cari produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

"Bahkan, sekarang sudah tidak ada yang tanya lagi soal Euro 4, Euro 5. Tapi produk apa yang bisa disediakan, apa bisa sesuai kebutuhan mereka," ucap Naeem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com