Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daimler Pastikan Bus Mercedes-Benz yang Keluar Karoseri Sesuai Standar

Kompas.com - 10/03/2024, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan angkutan penumpang seperti bus di Indonesia sekarang makin maju. Tapi masih diiringi momok mengenai bus yang sering alami kecelakaan, dari terguling sampai alami rem blong.

Sebagai APM Bus dan Truk Mercedes Benz, Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) membuat program Bus Builder Advisor (BBA). Mengingat kalau di Indonesia, APM hanya menjual sasis, bodinya dibuat oleh karoseri.

M Thoyib, DCVI BBA menjelaskan, langkah yang bisa dilakukan APM buat cegah kecelakaan adalah menghadirkan teknologi canggih pada sasis. Selain itu sangat mengawasi pembuatan bodi bus di karoseri.

Baca juga: Kenalan dengan Bus Tambang Gahar Buatan Karoseri Adiputro

Roamer 4X4 buatan Karoseri Adiputro Janlika Putri/ Kompas.com Roamer 4X4 buatan Karoseri Adiputro

"Kita siapkan sistem keselamatan, produk terbaru ada pemasangan safety features seperti Active Brake Assist, ada juga Adaptive Cruise Control. Itu adalah fitur untuk mencegah kecelakaan lebih fatal," kata Thoyib di Mini Talkshow DCVI, Jumat (8/3/2024).

Kemudian buat pengawasan, BBA dari DCVI mengawasi mulai dari rancang bangun, desain, metode kerja, sampai produknya jadi. Bahkan data lengkap sampai material, teknik pengelasan, semua diminta oleh BBA DCVI.

Baca juga: Update Harga Avanza dan Xenia Bekas, Mulai Rp 70 Jutaan


"Misal buat bus, agar menghindari ODOL (Over Loading), buat yang 12 meter cuma bisa diisi 45+1 bangku. Kalau diperberat, risiko banyak," ucap Thoyib.

Selain pengawasan, pihak DCVI juga memberikan paket lengkap sampai training pengemudi dan mekanik. Jadi bisa memastikan produk yang dibeli digunakan dengan tepat, sampai ke perawatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com