Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Pamerkan Bus Sekolah Khusus Difabel, Mulai Digunakan Tahun Ini

Kompas.com - 09/03/2024, 08:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) menyuguhkan banyak kendaraan niaga unik lansiran terbaru.

Pameran B2B dan B2G yang digelar mulai Kamis (7/3/2024) sampai Minggu (10/3/2024) Ini tidak hanya menampilkan kendaraan niaga konvensional, beberapa mode ternyata punya fungsi spesifik untuk mengatasi kendala tertentu.

Salah satu kendaraan niaga unik yang melantai di GIICOMVEC 2024 adalah Bus Sekolah Gratis lansiran Isuzu, khusus penyandang disabilitas (difabel).

Baca juga: Satu Lagi Merek Mobil Asal China Masuk Indonesia

Isuzu Pamerkan Bus Sekolah Khusus Difabel, Mulai Digunakan Tahun IniKompas.com/Daafa Alhaqqy Isuzu Pamerkan Bus Sekolah Khusus Difabel, Mulai Digunakan Tahun Ini

Melihat tampilan luarnya, dimensi bus ini cukup serupa dengan jetbus pada umumnya. Perbedaan utamanya terletak di bagian dalam.

Isuzu mengaku sangat memprioritaskan pelajar dengan kebutuhan khusus atau keterbatasan sebagai penumpang utama. Terbukti dari fasilitas seperti kruk, kursi roda, dan area duduk khusus.

Selain itu, ada pula pintu dan lift hidrolik untuk memudahkan akses bagi pengguna kursi roda, sehingga tidak ada lagi kerepotan untuk keluar-masuk.

Baca juga: Klarifikasi Kemenperin Soal Mobil Rakyat di Bawah Rp 250 Juta

Isuzu Pamerkan Bus Sekolah Khusus Difabel, Mulai Digunakan Tahun IniKomas.com/Daafa Alhaqqy Isuzu Pamerkan Bus Sekolah Khusus Difabel, Mulai Digunakan Tahun Ini

Rodko Purba, Director of Technical Plant and Product Development Isuzu menjelaskan, bus unik ini diciptakan untuk menjawab isu kesulitan transportasi bagi masyarakat difabel.

"Kami mulai dari bis sekolah yang diperuntukkan bagi pelajar. Fungsinya sama seperti bis sekolah, untuk antar jemput. Tapi peruntukkan sudah sangat dispesifikkan," ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Dia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan kerja sama dengan Isuzu terkait proses pengadaan. Target terdekat, populasi bis sekolah gratis khusus difabel ini akan bertambah di 2024.

"Sejauh ini kita baru menyediakan 5 unit untuk Pemprov DKI. Kami targetkan jumlah unitnya bertambah tahun ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com