Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VinFast Sudah Daftarkan Mobil Barunya, Siap Tantang Air ev

Kompas.com - 01/12/2023, 14:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana kehadiran VinFast di pasar dalam negeri semakin nyata, usai produsen mobil asal Vietnam tersebut mendaftarkan salah satu produk terbarunya ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham).

Dalam dokumen bertajuk Berita Resmi Desain Industri No. 64/DI/2023 yang dirilis Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kemenkumham, mobil yang didaftarkan tampak sangat kompak.

Mobil tersebut terdaftar atas nama Vinfast Trading and Production Joint Stock Company yang beralamat di Hai Phong City, Vietnam. Desain yang didaftarkan memperlihatkan bagian atas, depan, samping, hingga belakang.

Baca juga: Pahami Perbedaan ETLE Mobile dan ETLE Statis

VinFast VF 3dok.VinFast VinFast VF 3

Apabila mencocokkan dengan model yang sudah dijual oleh VinFast di global, maka besar kemungkinan ini adalah VF 3. Sehingga, Wuling Air ev tidak bisa lagi bersantai dalam memperluas pasar mobil mungil listrik di Tanah Air.

Global CEO VinFast Le Thi Thu Thuy sebelumnya memang sempat memastikan jika pihaknya akan memperluas jangkauan pasar ke wilayah Asia, termasuk Indonesia mulai tahun depan.

"Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi otomotif paling besar di wilayah Asia dengan jumlah populasi yang besar (mencapai 270 juta jiwa). Sementara kepemilikan mobil listrik masih sekitar 1 persen," katanya melalui pernyataan tertulis belum lama ini.

Interior VF 3dok.VinFast Interior VF 3

Pada tahap awal, rencananya akan ada dua model kendaraan yang ditawarkan atau dibawa, yakni VF 34 dan VF 5 electric. Keduanya merupakan mobil jenis SUV dari kelas berbeda.

Dengan didaftarkannya VF 3, ini merupakan langkah awal yang cukup mengejutkan. Apalagi kalau perusahaan sukses memasarkan produk dimaksud dengan harga yang kompetitif.

VinFast mengklaim mobil menawarkan banyak keunggulan, sehingga cocok untuk berbagai aplikasi dan lingkungan pengoperasian.

Baca juga: Ada Dua Motif Bahan Fabric Favorit Buat Mobil Retro

VinFast VF 3dok.VinFast VinFast VF 3

Kendaraan ramah lingkungan ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur cerdas, memberikan pilihan mobilitas dinamis dari semua latas belakang.

VF 3 memiliki desain dua pintu yang mampu menampung lima penumpang dewasa di dalamnya, Mobil memiliki dimensi panjang 3.114 mm, yang membuat kabinnya cukup lapang meski berdesain kompak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com