Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Cek Kualitas Oli Mesin pada Mobil

Kompas.com - 01/12/2023, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Kualitas oli mesin menjadi hal penting dalam perawatan mobil. Pasalnya oli menjadi bagian krusial dalam menjaga komponen dari bahaya keausan.

Setiap komponen yang bergerak cenderung bisa mengalami keausan akibat gaya gesek. Meski tidak bisa dihindari, pelumas dapat mengurangi gesekan sehingga mesin menjadi lebih awet.

Maka dari itu kualitas oli wajib dikontrol dengan melakukan pemeriksaan dan penggantian bila kondisinya sudah jelek.

Baca juga: Paham Sesat Pakai Oli Mesin Menggantikan Pelumas Transmisi

Ganti oli mesinNasmoco Ganti oli mesin

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan pengguna mobil bisa melakukan pemeriksaan kualitas oli mesin dengan ala kadarnya.

“Untuk mengetahui kualitas oli mesin secara tepat, maka perlu pemeriksaan ke laboratorium karena kualitas oli ditentukan oleh kandungan serta kekentalannya, ada banyak parameter, tapi sebagai pengguna juga bisa memeriksanya secara sederhana,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (30/11/2023).

Pertama, pemeriksaan bisa dilakukan lewat dipstick oli yang tersedia. Menurut Hardi cara tersebut paling mudah dan banyak dilakukan karena setiap orang pasti bisa.

Baca juga: Rekomendasi Oli Mesin yang Cocok untuk Motor Sport

Oli mesin Pertamina FastronPERTAMINA Oli mesin Pertamina Fastron

Konsumen hanya perlu mempelajari seperti apa kriteria oli mesin masih bagus dan harus segera diganti dari warna dan teksturnya.

“Jika diamati lebih teliti, di dalam oli mesin yang sudah waktunya ganti ada koloid berupa serbuk sangat halus, jika diteteskan di tisu akan terlihat kotorannya, ini sudah waktunya ganti,” ucap Hardi.

Selain kotoran, kualitas oli mesin juga bisa memburuk akibat zat asing seperti air. Bila oli mesin sudah bercampur air maka akan terjadi perubahan warna cukup jelas.

“Warna oli menjadi putih susu atau seperti moka, itu artinya tercampur air, selain harus segera diganti, ini merupakan gejala mesin bermasalah maka wajib dibawa ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan,” ucap Hardi.

Baca juga: Manfaat Rutin Ganti Oli Mesin Motor, Komponen Bisa Lebih Terawat

Oli mesin yang bercampur dengan air berwarna coklat keputihan seperti kopi susu.Kompas.com/Erwin Setiawan Oli mesin yang bercampur dengan air berwarna coklat keputihan seperti kopi susu.

Hardi juga menjelaskan bila terdapat kerak oli atau lumpur pada dipstick, pemeriksaan bisa dilanjutkan dengan melihat bagian mesin lewat lubang pengisian karena ada indikasi oli sering telat ganti.

“Ada suatu kondisi kotoran oli menumpuk secara perlahan, lama-lama akan mengganggu pelumasan mesin, ini juga perlu segera ditangani,” ucap Hardi.

Nah, itu tadi beberapa cara sederhana memeriksa kualitas oli mesin lewat dipstick. Meski tidak akurat, cara tersebut cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com