Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Dua Motif Bahan Fabric Favorit buat Mobil Retro

Kompas.com - 01/12/2023, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak cuma kulit, bahan fabric atau kain untuk jok mobil tetap digemari. Terutama pemilik mobil retro tahun '80'an dan '90-an yang mengejar kesan standar pabrikan saat mobil baru keluar.

Stefaan Ardino, pemilik Java Seat, workshop interior spesialis mobil retro di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, ada dua motif atau bahan fabric yang jadi favorit dipakai untuk meningkatkan tampilan kabin mobil.

Baca juga: Video Pengendara Motor Lepas Kendali di Belokan, Tabrak Motor Lain

"Motif favorit itu ada dua, pertama motif punya (Suzuki) Katana tahun 2000 orisinil dan kedua motif mini tartan (kotak-kotak kecil)," ungkap Stefaan kepada Kompas.com, Kamis (30/11/2023).

Motif jok fabric mini tartan laris karena motif dan polanya yang bisa dibilang abadi dan bisa cocok dengan mobil apapun.Foto: Java Seat/Stefaan Ardino Motif jok fabric mini tartan laris karena motif dan polanya yang bisa dibilang abadi dan bisa cocok dengan mobil apapun.

Stefaan mengatakan, motif fabric punya Suzuki Katana menjadi salah satu yang paling laris karena populasi pengguna Katana di Indonesia memang masih banyak.

"Karena populasi Katana bisa dibilang tidak habis-habis. Cuma buat pengguna Katana yang baru biasanya mereka kalau tidak dapat bahan yang fabriknya hancur atau sudah diretrim pakai kulit," kata Stefaan.

"Sedangkan itu tidak nyaman jadi kami bikin sebisa mungkin mendekati orisinil dengan bahan orisinil Katana 2000 yang masih ada," ujarnya.

Sedangkan untuk motif mini tartan laris, kata Stefaan, karena motif dan polanya yang bisa dibilang abadi. Mayoritas mobil bisa cocok menggunakan motif bergaya mini tartan.

Baca juga: Operasional Angkutan Perintis Jadi Tantangan buat DAMRI

Motif jok fabric mini tartan laris karena motif dan polanya yang bisa dibilang abadi, serta cocok diaplikasikan mobil apapun.Foto: Java Seat/Stefaan Ardino Motif jok fabric mini tartan laris karena motif dan polanya yang bisa dibilang abadi, serta cocok diaplikasikan mobil apapun.

Untuk diketahui, tartan adalah jenis kain yang biasanya memiliki motif kotak-kotak yang terdiri dari berbagai warna dan ukuran. Pola tartan sering digunakan untuk pakaian tradisional Skotlandia.

"Favorit kedua itu ada namanya mini tartan, kalau mini tartan bentuknya kotak-kotak kecil. Jadi bisa masuk ke mobil mana pun sebetulnya, tidak harus mobil tua. Mobil baru yang suka aura retro juga cocok pakai mini tartan ini," katanya.

"Motif mini tartan lucu dan aura mobil bisa jadi langsung bawannya senang saja. Mudah dikombinasikan bisa pakai hitam atau abu-abu polos atau full mini tartan," ujar Stefaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com