Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Polytron T-Rex, Motor Listrik Premium Baru

Kompas.com - 30/11/2023, 19:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik premium terbaru, Polytron T-Rex Electric, siap meluncur pada semester pertama tahun 2024, sekitar bulan Januari sampai Juni.

Moses Sigit, Associate Manager Marketing Polytron EV Motor menjelaskan, proses pengembangan dan penyesuaian T-Rex dianggap rampung, dan motor listrik ini sudah siap masuk ke tahap produksi.

“Peluncurannya nanti di Semester satu tahun depan. Paastinya akan tepat waktu jika tidak ada kendala,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Untuk diketahui, Polytron T-Rex sudah diperkenalkan ke publik sejak lama, tepatnya pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, berbarengan dengan Polytron FOX-R.

Baca juga: Chery Rakit Omoda 5 EV di Indonesia Mulai Desember 2023

Motor Listrik Polytron T-Rex, Siap Meluncur di 2024Polytron Motor Listrik Polytron T-Rex, Siap Meluncur di 2024

Hanya saja, Polytron FOX-R jadi motor listrik pertama yang diluncurkan dan dijual, beberapa bulan setelah diperkenalkan. Sedangkan penjualan T-REX masih ditunda, hingga akhirnya mendapatkan titik terang peluncurannya untuk 2024.

Moses mengatakan, versi produksi Polytron T-Rex tidak akan banyak berbeda dengan versi awal. Secara tampilan desain dan spesifikasinya tidak berubah.

“Di website kami (Polytron) kan sudah ada contoh unitnya, tampilannya nanti kurang lebih seperti itu. Desainnya enggak akan banyak berubah,” kata dia.

Membahas soal tampilan, terlihat jelas kalau Polytron T-Rex akan adalah motor listrik berjenis skutik maxi berukuran besar dengan dimensi dan wheelbase cukup lebar.

Baca juga: Gabung ke Gresini Racing, Marc Marquez Bikin Bos Ducati Pusing

Spesifikasi Polytron T-Rex, Motor Listrik Premium Baru Untuk 2024Polytron Spesifikasi Polytron T-Rex, Motor Listrik Premium Baru Untuk 2024

Desainnya bisa dikatakan cukup mirip, bahkan mungkin terinspirasi dari Honda Forza 250. Terbukti dari fasia depan yang terlihat agresif dan futuristik, lengkap dengan windshield sebagai aksesori bawaan.

Berlanjut pada spesifikasi dapur pacu, Polytron T-Rex Electric ditenagai 2 unit baterai dengan kapasitas 3,75 Kilowat Hour, namun belum dijelaskan jenisnya apa.

Untuk penggeraknya menggunakan konfigurasi Mid-drive, jenis yang umum digunakan oleh motor listrik performa tinggi, dengan daya dinamo sebesar 5 Kilowatt. Bila dikonversi secara kasar, tenaga tersebut kurang lebih setara dengan mesin 250 cc.

Baca juga: Motor Listrik Polytron T-REX Meluncur 2024, Usung Desain Gambot

Motor listrik Polytron T-RexJanlika Putri/ Kompas.com Motor listrik Polytron T-Rex

Berdasarkan klaim, gabungan tenaga baterai dan konfigurasi dinamo tersebut memungkinkan Polytron T-Rex dipacu hingga kecepatan maksimal 130 kpj, dan jarak tempuhnya mencapai 120 kilometer.

Terkait harga, Moses mengaku belum bisa memberikan rincian resmi. Namun estimasinya ada di sekitar Rp 50 jutaan ke atas, alias di segmen premium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com