Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Fitur Unggulan Suzuki V-Strom 250SX

Kompas.com - 24/10/2023, 17:22 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki V-Strom 250SX tidak hanya menyajikan desain yang menarik, tapi juga sederet fitur yang cukup lengkap untuk sepeda motor yang bermain di kelas 250 cc.

Salah satunya dari lampu utama dan rem yang sudah mengaplikasi LED. Sementara lampu sein masih bohlam halogen.

Berlanjut ke spidometer full digital dengan negative display. Informasi yang tersedia cukup banyak, dari petunjuk kecepatan, takometer, gear position, odometer, tripmeter A & B, fuelmeter, jam, tegangan baterai, sampai konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Waktu yang Tepat Memindahkan Tuas Transmisi Matik ke Gigi Rendah

Layar instrumen Suzuki V-Strom 250 SXKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Layar instrumen Suzuki V-Strom 250 SX

Selain itu, terdapat info pengingat ganti oli dan shift light yang bisa diatur waktu menyalanya antara 4.000-10.000 rpm dengan rentang setiap 500 rpm.

Untuk pengingat oli, muncul pertama di 1.000 km, kemudian setiap 4.000 km namun bisa juga diset dengan rentang setiap 500 km.

Pada bagian dekat panel spidometer, terdapat fitur power outlet model USB yang berguna untuk mengisi ulang baterai smartphone atau GPS selama perjalanan.

Baca juga: Tergoda New Almaz RS Hybrid Pro yang Mejeng di GIIAS Semarang 2023

Beranjak ke windshield, meskipun ramping namun cukup tinggi sehingga optimal untuk mencegah angin langsung mengenai badan, terutama saat dipakai touring.

Tak ketinggalan terdapat hand guard yang bisa mencegah tangan terkena angin secara langsung, atau lontaran kerikil saat lewat di jalan off-road.

Sementara pada bagian belakang, terdapat behel yang juga sekaligus dudukan top box, maksimal beban yang bisa ditahan 6 Kg.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Pasang Dashcam Sebaiknya di Bengkel Spesialis

Suzuki V-Strom 250 SXKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki V-Strom 250 SX

Selanjutnya, di balik jok belakang ternyata terdapat 2 buah pengait helm, sehingga lebih aman saat ditinggal. Ada pula fitur sederhana yang ditujukan untuk menambah kenyamanan, yaitu karet di pijakan kaki untuk meredam getaran mesin dan membuat pijakan kaki tidak licin.

Pada area roda, kedua rem sudah pakai tipe cakram yang dikawal sistem ABS, sehingga lebih aman ketika di jalan yang licin.

Baca juga: Balik Lagi ke Indonesia, Aleix Espargaro Berminat Tinggal di Bali

Mesin Suzuki V-Strom 250 SXKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin Suzuki V-Strom 250 SX

Sedangkan rem depan dan belakang sudah pakai cakram dengan diameter depan 310 mm dikawal kaliper 2 piston, dan belakang 240 mm pakai kaliper 1 piston.

Dari sektor mesin, salah satu fitur menarik adalah Easy Start System, yang dapat menyalakan mesin dengan cukup tekan tombol start sekali saja, maka dinamo starter akan berputar beberapa detik sampai mesin menyala.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com