Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Jok Bahan Sintetis, Hindari Pakai Deterjen

Kompas.com - 09/06/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pengguna mobil dengan jok berbahan kulit sintetis, ada beberapa tips perawatan bermanfaat yang bisa diterapkan. Ternyata, tidak boleh asal pilih cairan pembersih.

Muhammad Muhlas, pemilik bengkel spesialis jok mobil Surya Kencana Motor Bitung menjelaskan, kulit sintetis yang memiliki pelindung seperti coating ternyata tidak tahan dengan cairan yang mengandung deterjen, misalnya sabun.

Jika kulit sintetis sering terkena sabun dengan kandungan deterjen yang tinggi, efek yang bisa terjadi adalah lapisan kulit bisa ngelotok alias terkelupas.

“Kalaupun tidak ngelotok, nantinya akan ada berak-bercak noda yang tertinggal di jok. Noda ini sulit sekali dibersihkan,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (7/6/2023).

Baca juga: Motor Curian dan Belum Bayar Pajak Tidak Dapat Subsidi Konversi Motor Listrik

Ilustrasi membersihkan interior mobilFreepik Ilustrasi membersihkan interior mobil

Sabun deterjen sejatinya sangat baik digunakan, tapi untuk jok berbahan dasar fabric alias kain. Tapi untuk kulit sintetis, komposisi ini terlalu kuat dan justru bisa merusak.

Supaya pengguna tidak lagi keliru, Muhlas membagikan beberapa cairan tertentu dan tips pengerjaan yang benar untuk menjaga kualitas kulit sintetis.

Cairan pertama yang sangat dia anjurkan adalah minyak kayu putih. Kandungan etanol rendah dari bahan cajuput terbukti sangat efektif untuk merawat kulit sintetis.

Semisal ada noda yang menempel pada jok, seperti bekas makanan atau coretan, cara menghilangkannya adalah dengan menuangkan minyak kayu putih ke kain microfiber kering, lalu diusap-usapkan pada bagian bernoda.

Baca juga: Dijual Seharga LCGC, Ini Perbedaan Utama Vespa GTS Super Tech Terbaru

Variasi jok mobil di bengkel Surya Kencana Motor, bahan fabric (kain) bawaan pabrik diganti dengan bahan kulit sintetisKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Variasi jok mobil di bengkel Surya Kencana Motor, bahan fabric (kain) bawaan pabrik diganti dengan bahan kulit sintetis

Minyak kayu putih komposisi kimianya enggak keras dan ampuh untuk menghilangkan noda. Jauh lebih baik dari sabun,” kata dia.

Cairan kedua yang dia sarankan adalah pembersih khusus kulit sintetis yang bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko perkakas.

Karena peruntukannya memang sesuai, sudah bisa ditebak jika ini adalah jenis cairan yang sangat bagus untuk membersihkan kulit sintetis.

“Mungkin tidak semua penggua mau repot-repot membeli cairan khusus ini. Kualitasnya memang bagus, tapi kalaupun tidak punya juga enggak apa-apa, masih bisa pakai minyak kayu putih,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com