Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Dorong Bank dan Leasing Biayai Konversi Motor Listrik

Kompas.com - 08/06/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mempermudah masyarakat yang berminat melakukan konversi motor listrik, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong bank dan leasing menyiapkan skema pembiayaan yang menarik.

Sebagai alternatif kepemilikan motor listrik, masyarakat diajak beralih tanpa harus membeli produk baru. Tapi bisa memanfaatkan motor bensin yang dimiliki untuk dikonversikan menjadi motor listrik.

Seperti diketahui, biaya konversi motor listrik mendapat subsidi dari pemerintah sebesar Rp 7 juta. Adapun untuk total biayanya sekitar Rp 17 juta. Artinya, setiap konsumen yang mengajukan konversi hanya membayar sekitar Rp 10 juta.

Baca juga: Dishub DKI Terapkan Sistem Satu Arah di Kebayoran Lama

Konvoi konversi motor listrik Kementerian ESDMKementerian ESDM Konvoi konversi motor listrik Kementerian ESDM

Bila Anda masih merasa berat dengan biaya tersebut, maka tak lama lagi pemerintah akan menggandeng bank BUMN maupun perusahaan pembiayaan untuk meringankan keuangan konsumen.

Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani mengatakan, pihaknya sudah berbicara dengan sejumlah perusahaan pembiayaan, bank, dan non-bank agar memberikan kredit bagi konversi motor listrik.

"Kami sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan leasing dan bank," ujar Inten di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Baca juga: Motor Bekas yang Kurang Laku di Pasaran, Kerap Dijual Murah

Menurut Inten, kredit bagi motor listrik konversi mungkin lebih mudah diberikan bagi pegawai atau karyawan. Sementara buat ibu rumah tangga akan lebih sulit.

Melalui kerja sama dengan bank dan perusahaan pembiayaan, diharapkan pemberian kredit ini bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

"Misalnya ada perusahaan pembiayaan yang sudah oke dan mau membiayai selama tiga tahun masyarakat bisa melakukan itu, Ini yang kami sedang diskusikan," ucap dia.

"Masyarakat tinggal mencicil biaya konversi motor listrik ke perusahaan pembiayaan yang sudah kami tunjuk," kata Inten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com