Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa Listrik Konversi Garapan Elders Siap Ramaikan VWD 2023 di Swiss

Kompas.com - 07/06/2023, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Vespa World Day (VWD) 2023 yang siap berlangsung di Interlaken, Swiss, pada 15-18 Juni 2023, akan diramikan vespa listrik hasil konversi karya anak bangsa, yakni PT Roda Elektrik Asia (Elders Garage).

Menteri Perhubungan (Menbub) Budi Karya Sumadi, mengapresiasi inisiatif Elders Garage sebagai UKM bengkel konversi yang melakukan kolaborasi dengan Motolindo, diler Vespa terbesar di Swiss, untuk membawa skuter listrik limited edition yang sudah ditandatangani sejumlah menteri.

"Kreativitas dari para pelaku UKM yang ada di Indonesia, seperti Elders Garage ini luar biasa. Apabila ini menjadi satu keahlian maka nilai tambah yang diperoleh luar biasa tinggi sekali. Saya pikir produknya untuk dijual di Indonesia saja, ternyata juga ekspansi untuk ekspor ke Eropa, jadi patut kita dukung penuh," kata Budi dalam keteragan resminya, Selasa (6/6/2023).

Baca juga: ESDM Jamin Motor Listrik Hasil Konversi Aman, Ini Komponen yang Digaransi

Lebih lanjut Budi mengatakan, apa yang dilakukan Elders Garage bisa menjadi contoh bagi para pelaku UKM di bidang otomotif, yakni menggandeng pelaku industri yang lebih besar agar bisa memproduksi dalam jumlah yang lebih banyak.

Vespa listrik hasil konversi siap tampil di ajang Vespa World Day 2023KEMENHUB Vespa listrik hasil konversi siap tampil di ajang Vespa World Day 2023

Harapannya, dengan produksi dalam skala besar atau produknya dibuat massal, maka secara harga akan lebih ekonomis.

Budi juga mendorong sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri otomotif, juga masyarakat dalam upaya membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskan skuter listrik hasil konversi tersebut sudah lolos uji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), dengan spesifikasi kendaraan berkapasitas mesin 110cc dan daya baterai mencapai 3000 watt.

Baca juga: Vespa GTS Model Baru Meluncur, Harga mulai Rp 78 Jutaan

Proses pengujiannya meliputi pemeriksaan kelaikan sistem penggerak motor listrik dan pengujian tipe fisik kendaraan bermotor listrik.

Vespa listrik hasil konversi siap tampil di ajang Vespa World Day 2023KEMENHUB Vespa listrik hasil konversi siap tampil di ajang Vespa World Day 2023

Sejauh ini, jumlah motor hasil konversi yang sudah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe yang terbit per 12 Mei 2023 mencapai 178 unit. Sedangkan untuk bengkel konversi sudah ada 24 yang tersertifikasi dan 10 bengkel konversi selain sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com