Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Yamaha XSR900 dari Velocity Moto, Jadi Tampilan Retro

Kompas.com - 06/06/2023, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu motor ikonik dari Yamaha pada 1980-an adalah RD (Racing Developed) 500. Motor dua tak tersebut punya mesin V4 499cc dan punya tenaga tembus 88 TK.

Bagi yang mau memiliki motor tersebut tapi juga ingin motor yang modern, Velocity Moto punya solusinya. Rumah modifikasi asal Inggris tersebut membuat body kit untuk Yamaha XSR900 jadi bergaya RD500.

Dikutip dari Motorcyclenews, kit tersebut dipamerkan dalam acara Bike Shed di London. Warna yang dipilih untuk bodinya pun ikonik, merah, putih, serta ada aksen hitam, ditambah ada tulisan XRS900GP di bagian belakang.

Baca juga: Yamaha Luncurkan Warna Baru Vega Force, Harga Rp 17 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Velocity-moto (@velocity_moto_uk)

 

Perbedaan paling utama dari kedua motor ada pada mesin dan dimensi. RD500 memakai V4, XSR900 mesinnya tiga silinder segaris, jadi ada ubahan di bagian knalpot sampai ukuran bodinya.

Bagian bangku tampak masih standar, cuma untuk penumpang ditutup cover yang bentuknya mengotak, agar terlihat seperti RD500. Ubahan paling besar tentu di bagian depan, di mana dipasang fairing.

Fairing tersebut dipasang ke bracket baru, yang juga menahan lampu utamanya. Bagian fairing samping didesain dari nol, dibuat menyerupai RD500 yang tebal fairingnya.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Bisa Dapat Motor Listrik Gratis, Simak Syaratnya


Untuk bagian lampu depan, sebenarnya masih memakai yang standar bentuknya. Tapi Velocity motor membuat bodi yang mengelilingi lampu tersebut, jadi terlihat kotak kalau dari luar.

Hasil modifikasi dari tersebut pun diapresiasi Marketing Manager Yamaha Inggris Jeff Turner. Menurutnya ini ide yang jenius, RD500 punya desain yang ramping, tapi body kit ini bisa membuat XSR900 terlihat mirip dimensinya, padahal tentu lebih lebar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com