Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biang Es Jadi Penyelamat Semua Tim Balap Formula E

Kompas.com - 03/06/2023, 13:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Formula E merupakan ajang balap mobil listrik berbasis baterai. Saat beroperasi, temperatur baterai bisa meningkat hingga sangat panas.

Setiap tim tentu harus menjaga temperatur baterai agar tidak mengalami overheat. Khususnya, saat balapan digelar di negara tropis, seperti Indonesia.

Baca juga: Teknisi Formula E Pastikan Baterai Mobil Balap Tidak Akan Terbakar

Dikutip dari Canopysimulations.com, Sabtu (3/6/2023), sangat penting bagi setiap tim untuk melakukan manajemen termal baterai. Agar mobil balap listrik tersebut bisa memiliki performa yang optimal, maka temperatur baterai harus dijaga.

Mobil balap listrik Formula E didinginkan menggunakan biang es atau dry ice.Dok. Redbull.com Mobil balap listrik Formula E didinginkan menggunakan biang es atau dry ice.

Temperatur maksimal baterai bisa berfungsi secara efisien adalah sekitar 57 derajat Celcius. Saat mobil balap kembali ke paddock, dibutuhkan pendinginan untuk menjaga performa baterai.

Uniknya, di kejuaraan balap tingkat dunia yang menggunakan teknologi canggih ini, cara sederhana justru menjadi yang paling ampuh.

Baca juga: Simak Jadwal Lengkap dan Link Live Streaming Formula E Jakarta 2023

Dikutip dari Redbull.com, Sabtu (3/6/2023), metode standar pendinginan mesin di Formula E adalah dengan meniupkan udara yang didinginkan oleh biang es atau dry ice langsung ke ventilasi pendingin mobil. Metodenya terkesan kasar, tapi sangat efektif.

Selain baterai, biang es juga digunakan untuk mendinginkan temperatur rem, powertrain, dan komponen lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com