Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Konsumsi BBM Mercedes Benz Axor Euro 4 dari Surabaya ke Jakarta

Kompas.com - 20/04/2023, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com sudah biasa menguji konsumsi BBM berbagai kendaraan, dari roda dua sampai roda empat. Tapi kali ini, kami mau menjawab pertanyaan tentang berapa konsumsi BBM yang bisa dihabiskan truk satu kali jalan.

Untuk mengujinya, pada Kompas Otomotif Challenge (KOC) kali ini, kami menghitung konsumsi BBM truk dari Surabaya ke Jakarta sambil membawa muatan. Rute yang dilewati akan full Tol Trans-Jawa.

Truk yang digunakan adalah Mercedes Benz Axor Euro 4 2523R dari Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), bekerja sama dengan PT Dunia Express Transindo (Dunex) sebagai pemilik unitnya.

Baca juga: Dukung Industri Logistik, Daimler Perkenalkan Mercedes-Benz Axor M-Cab


Cara menghitung konsumsi BBM, kami menggunakan metode full to full. Artinya saat di Surabaya, tangki Axor Euro 4 yang bisa diisi sebanyak 355 liter kami isi penuh dengan Dexlite dan Adblue juga diisi penuh, sebanyak 50 liter.

Nantinya saat sampai Jakarta, diisi kembali tangki BBM dan Adblue sampai penuh. Jadi didapatkan total berapa liter BBM dan Adblue yang habis sekali jalan.

Untuk menghitung konsumsi BBM-nya, jarak total yang ditempuh dalam perjalanan Surabaya-Jakarta dibagi dengan total BBM yang diisi.

Baca juga: Pahami Kode dari Sopir Saat Ada Copet di Dalam Bus

Mercedes Benz Axor Euro 4 yang digunakan dalam Kompas Otomotif Challenge bersama PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia dan PT Dunia Express TransindoKompas.com Mercedes Benz Axor Euro 4 yang digunakan dalam Kompas Otomotif Challenge bersama PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia dan PT Dunia Express Transindo

Perjalanan dimulai dari Surabaya pukul 10.30 WIB dan langsung menuju Tol Trans-Jawa. Selama perjalanan, truk dibawa dengan kecepatan yang konstan agar konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.

Setelah empat jam perjalanan, berhenti di rest area untuk beristirahat. Lalu, perjalanan pun dilanjutkan sampai Semarang untuk melakukan istirahat panjang atau bermalam dan dilanjutkan besok paginya.

Esok paginya, truk dari Semarang kembali masuk ke Tol Trans-Jawa. Selama perjalanan, memang tidak ditemui banyak titik kemacetan, paling ramai hanya ada di Cikampek menuju Jakarta.

Mercedes Benz Axor Euro 4 yang digunakan dalam Kompas Otomotif Challenge bersama PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia dan PT Dunia Express TransindoKOMPAS.com Mercedes Benz Axor Euro 4 yang digunakan dalam Kompas Otomotif Challenge bersama PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia dan PT Dunia Express Transindo

Berkat jalanan yang lancar, konsumsi BBM seharusnya bisa lebih efisien. Berdasarkan data yang kami kumpulkan, beban truk total selama perjalanan 18,24 ton dan menempuh jarak total 851,3 Km.

Kemudian, saat diisi ulang tangki BBM sampai penuh, didapatkan angka 231,52 liter. Artinya, konsumsi BBM dari Axor Euro 4 dengan BBM Dexlite dari Surabaya ke Jakarta dengan bobot total 18,24 ton adalah 3,68 Km per liter.

Sedangkan untuk konsumsi Adblue, dalam perjalanan yang sama cuma menghabiskan 10 liter saja. Jadi perbandingan Adblue ke BBM sekitar 4,3 persen saja, masih cukup hemat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com