Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Wajib Laik Jalan Sebelum Jadi Angkutan Mudik

Kompas.com - 18/04/2023, 19:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan niaga merupakan salah satu transportasi yang punya peran penting bagi perekonomian suatu wilayah atau negara, begitu pula saat musim mudik Lebaran 2023. 

Namun potensi bahaya yang besar atau kejadian kecelakaan yang fatal tidak lepas menjadi bayang-bayang dari kendaraan niaga. Apalagi, saat ini masih banyak kendaraan niaga yang tidak laik jalan yang tetap beroperasi.

Baca juga: Merek Kaca Film Ini Perluas Pasar OEM di Indonesia

“Saat ini musim sibuk mobil niaga sehingga jarang di rumah (garasi), alhasil pemeriksaan kendaraan jadi terkesampingkan. Makin kendaraan sibuk makin kurang aman, sehingga akhirnya gampang mogok,” kata Totok Sugiyanto, Master Trainer Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (MABL), Senin (18/4/2023).

Totok menjelaskan, jika kendaraan mogok akan menimbulkan kemacetan yang membuat pengendara stress hingga akhirnya membuat perjalanan jadi tidak aman. Padahal, unsur penting berkendara yang aman yaitu memperhatikan kenyaman dan keamanan.

Acara Silaturahmi Bersama Media, Sharing Session Mudik Aman, Bisnis Tetap Cuan yang diadakan oleh Isuzu KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Acara Silaturahmi Bersama Media, Sharing Session Mudik Aman, Bisnis Tetap Cuan yang diadakan oleh Isuzu

“Tapi para sopir kendaraan komersial di negara kita ini luar biasa mengenai kenyamanan, boro-boro AC, kadang joknya juga sudah terlalu ke belakang. Bahkan pintunya juga pakai selot. Padahal kendaraan yang nyaman harus kita siapkan dengan benar,” kata Totok.

Baca juga: Diskon dan Promo Khusus Servis Mitsubishi Selama Mudik Lebaran

Oleh karena itu, Totok menghimbau agar mencegah alami kecelakaan, baiknya kendaraan diperiksa terlebih dahulu sebelum berangkat.

Pastikan semuanya komponen yang ada di kendaraan niaga, dari belakang sampai depan tidak ada yang kurang. Kemudian, jangan lupa juga agar kendaraan dilakukan pemeriksaan berkala.

Pemeriksaan ini harus dilakukan bukan hanya di musim mudik Lebaran saja, namun juga setiap kendaraan akan digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com