Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siang Ini Ada Contraflow dan One Way, Akses ke Jakarta Bisa Lewat Tol dari Km 72

Kompas.com - 18/04/2023, 13:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai 18-21 April 2023, Korlantas Polri siap menerapkan rekayasa lalu lintas di ruas tol Jakarta-Cikampek sampai dengan GT Kalikangkung, Jawa Tengah.

Rekayasa lalu lintas kita sudah siapkan di jalan Tol Cikampek arah timur mulai Km 47 sampai dengan Km 72, kita akan melakukan contraflow maksimal tiga lajur,” ujar Dirgakkum Korlantas Polri Aan Suhanan, dilansir dari NTMC Polri (17/4/2023).

“Kenapa tiga lajur, karena kita akan memberikan akses juga ke arah barat pada saat mudik dari Bandung maupun Cikopo ini masih bisa melalui jalan tol menuju Jakarta,” kata dia.

Baca juga: Adu Gagah Hyundai Creta Vs Suzuki Grand Vitara, Pilih Mana?

Pemberlakuan jalur satu arah di Tol Karawang Barat hingg Kalikangkung, Jumat 29/4/2022). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini mencapai 85,5 juta orang.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pemberlakuan jalur satu arah di Tol Karawang Barat hingg Kalikangkung, Jumat 29/4/2022). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini mencapai 85,5 juta orang.

Kabarnya, rekayasa lalu lintas dari Km 72 sampai Km 414 di Kalikangkung akan dilakukan one way yang akan dimulai hari Selasa (18/4/2023) mulai pukul 14.00 WIB.

Kemudian, untuk tanggal 19-21 April akan berlaku one way mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00 WIB.

Sementara untuk arus balik diperkirakan ada dua gelombang, yang pertama pada 24-25 April, dan yang kedua pada 29 April sampai 1 Mei 2023.

Baca juga: Baru Seri Keempat, Joan Mir Mengaku Sudah Frustrasi

Pada arus balik, rekayasa lalu lintas one way disiapkan dari Km 414 sampai dengan Km 72, dan dilanjutkan contraflow sampai Km 47.

“Dari Jakarta menuju Cikampek kita tetap berikan akses untuk masyarakat yang akan mengarah ke timur pada saat arus balik, kita berikan akses satu lajur dan bahu jalan. Jadi titik krusial tahun lalu di Bekasi bisa kita atasi tahun ini,” kata Aan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com