Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pemudik Jangan Nekat Menggelar Kasur di Kabin Mobil | Video Viral, Pengendara Motor Dikejar Polisi di Jalan Tol

Kompas.com - 18/04/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat sudah mulai melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023. Sebagian besar pemudik munggunakan mobil pribadi dan mengarah ke berbagai daerah di Pulau Jawa dengan melewati jalan tol.

Ada beberapa kebiasaan pemilik kendaraan ketika mudik, yakni memodifikasi kendaraannya, terutama bagi mereka yang bepergian membawa anak kecil. Biasanya, modifikasi yang paling lazim dilakukan adalah menggelar kasur di kabin kendaraan selama perjalanan.

Selain itu, kasus pengendara motor masuk tol kembali terjadi. Kali ini, terjadi di jalan tol Depok-Antasari (Desari).

Kejadian tersebut terekam dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @infodepok_id. Dalam video tersebut, dikatakan bahwa pengendara motor yang masuk tol tidak mau berhenti ketika didekati petugas.

Bahkan, terlihat dua unit mobil petugas tol dan satu unit mobil polisi patrol jalan raya (PJR) mengejar pengendara motor tersebut, karena tidak mau berhenti. Parahnya lagi, pengendara motor itu juga tidak mengenakan helm.

Baca juga: Adu Gagah Hyundai Creta Vs Suzuki Grand Vitara, Pilih Mana?

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin 17 April 2023 : 

1. Pemudik Jangan Nekat Menggelar Kasur di Kabin Mobil

Twit berisi tips menggelar kasur di mobil supaya tidak merasa lelah saat mudik ramai diperbincangkaan warganet sejak Jumat (14/4/2023).Tangkapan layar akun TikTok @taanyakanrl Twit berisi tips menggelar kasur di mobil supaya tidak merasa lelah saat mudik ramai diperbincangkaan warganet sejak Jumat (14/4/2023).

Seperti video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @ashamutia. Dalam rekaman itu, kabin mobil sudah disulap layaknya tempat tidur. Terlihat si perekam video dan anak balita yang santai duduk di baris belakang.

“Modifikasi mobil untuk mudik Lebaran nanti. Tiap Lebaran Bekasi-Bandung ya Allah macetnya minta ampun. Anak rewel nangis karena inginnya bisa bergerak bebas, tapi di mobil pergerakan sangat terbatas,” tulis narasi dalam video tersebut. 

Baca juga: Pemudik Jangan Nekat Menggelar Kasur di Kabin Mobil

2. Video Viral, Pengendara Motor Dikejar Polisi di Jalan Tol

Pengendara motor masuk jalan tol Depok-Antasari hingga dikejar petugas tol dan petugas kepolisianDok. @infodepok_id Pengendara motor masuk jalan tol Depok-Antasari hingga dikejar petugas tol dan petugas kepolisian

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengendara motor yang masuk tol memang sering terjadi dan mereka tidak pernah mau belajar risikonya.

“Waktu mau masuk jalur tol, dia tidak pernah membaca rambu-rambu, main asal tancap gas,” ujar Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Video Viral, Pengendara Motor Dikejar Polisi di Jalan Tol

3. Pemudik Jangan Tidur di Dalam Mobil yang Berhenti dengan Mesin dan AC Menyala

Ilustrasi pemudik yang tidur di mobilPicasa2.0/Flickr Ilustrasi pemudik yang tidur di mobil

 

Mudik ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat. Jarak tempuh yang panjang serta intensitas arus mudik yang padat membuat pengendara harus melakukan istirahat secara teratur.

Berkaca dari fenomena mudik dari tahun-tahun sebelumnya, padatnya rest area membuat sebagian orang berhenti di tepi jalan untuk sekadar tidur. Dengan perencanaan yang diupayakan oleh berbagai pihak, diharapkan mudik tahun ini berjalan lancar dan tidak mengalami penumpukkan.

Baca juga: Pemudik Jangan Tidur di Dalam Mobil yang Berhenti dengan Mesin dan AC Menyala

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com