Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Mana, Naik Travel Mewah atau Bus Eksekutif untuk Mudik Lebaran?

Kompas.com - 12/04/2023, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik ke kampung halaman bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan. Bisa menggunakan mobil pribadi dan transportasi umum.

Untuk transportasi umum, pemudik bisa menggunakan kereta api, bus dan travel. Tarif tiketnya yang lebih bervariasi membuat masyarakat bisa menyesuaikan bujet yang disediakan.

Semakin tinggi kelas, semakin banyak fitur yang didapatkan sehingga perjalanan semakin nyaman meski harus mengeluarkan biaya lebih. Hukum tersebut rupanya berlaku untuk bus dan travel.

Baca juga: Ulik Bus Privilege Cabin Milik PO Bejeu

Interior PO Bejeu dengan captain seat-nyaTangkapan Layar Interior PO Bejeu dengan captain seat-nya

Saat ini, tidak hanya bus atau kereta yang memiliki kelas namun travel juga memilikinya. Hal ini dilakukan oleh pengusaha travel dalam mengubah citra buruk travel yang identik dengan tempat duduk yang tidak nyaman.

Seperti salah satu travel yang berkantor pusat di Jakarta, Daytrans menyediakan fitur berdasarkan kelasnya. Jika dibandingkan dengan bus eksekutif, tentu travel eksekutif memiliki fitur yang bisa diadu.

Sebagai contoh, perjalanan ke Semarang dari Jakarta dengan modal tiket yang sama, sebut saja Rp 550.000 untuk jadwal puncak arus mudik lebaran. Maka Anda bisa memilih menggunakan bus eksekutif atau travel eksekutif dengan rincian perbandingan fasilitas sebagai berikut.

Baca juga: Alternatif Mudik Selain Menggunakan Bus Bisa Pakai Jasa Travel Resmi

Mini bus DaytransDaytrans Mini bus Daytrans

Bus yang menjadi perbandingan misalnya PO Bejeu yang dikenal sebagai bus hitam elegan dengan layanannya yang penuh warna. Jika dibandingkan tarif tiketnya untuk jarak perjalan yang sama, keduanya sama Rp 550.000.

Soal fiturnya, sama-sama memiliki ruang kabin yang lega. PO Bejeu diisi 29 kursi sementara travel Daytrans menggunakan mobil Hiace diisi hanya 8 kursi. Kursi yang digunakan juga sama-sama mewah, terbuat dari bahan premium lengkap dengan sandaran kaki dan lengan.

Baik PO Bejeu maupun Daytrans Eksekutif sama-sama menyediakan colokan charger USB di masing-masing tempat duduk, sehingga sangat mendukung kebutuhan penumpang. Bisa dikatakan keduanya memang mengandalkan fitur captain seat untuk membuat nyaman penumpang.

Baca juga: Waspada Penipuan Tiket Bus Saat Mudik, Modusnya Sebar Nomor Pemesanan di Review Google

Bus eksekutif PO BejeuTangkapan Layar Bus eksekutif PO Bejeu

Keduanya menyediakan ruang bagasi, sehingga barang bawaan tidak akan mengganggu mobilitas di dalam kabin. Pendingin ruangan juga melengkapi keduanya sehingga perjalanan siang hari tidak akan terasa terlalu panas.

Soal titik pemberhentian, keduanya sama-sama pool to pool, sehingga penumpang bisa berhenti pool atau di tengah perjalanan yang dilalui saja. Begitu juga soal titik keberangkatan, bisa diakses dengan mendatangi ke pool keberangkatan atau agen bus.

Yang menjadi pembeda, hanya di makan gratis; travel Daytrans Eksekutif tidak menyediakan itu. Sementara, PO Bejeu memberikan voucher makan gratis yang terlampir di tiket, bisa ditukarkan dengan makanan di rumah makan yang telah disediakan pada jam makan malam.

Nah, kira-kira itu tadi perbandingan fasilitas yang didapat bila Anda akan memilih mudik menggunakan bus eksekutif atau travel eksekutif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com