Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Truk Tampil Keren dan Nyentrik, Habiskan Rp 93 Juta

Kompas.com - 05/04/2023, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi kendaraan tidak hanya untuk mobil penumpang saja, kendaraan niaga seperti truk juga marak yang melakukan modifikasi. Bahkan, tren modifikasi truk sudah ada sejak lama di Indonesia.

Biasanya modifikasi truk selalu tampil nyentrik dan nyeleneh sehingga menarik perhatian banyak orang.

Tak jarang, banyak pemilik atau sopir truk yang rela merogoh kocek dalam hingga ratusan juta untuk menyulap truk menjadi kendaraan idaman nan unik.

Namun, baru-baru ini viral sebuah truk Mitsubishi Fuso Canter yang dimodifikasi sehingga tampil lebih atraktif dan mencolok lewat permainan warna cerah.

Baca juga: Kenali Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem

Truk dengan warna hijau tosca yang diberi nama Hijau Candy tersebut diunggah dalam cuplikan vidio milik akun Tiktok @irsyadputrakaroseri.

Pada video tersebut disebutkan budget yang dibutuhkan untuk melakukan ubahan pada truk tersebut ialah sekitar Rp 93 juta.

@irsyadputrakaroseri Truk hijau candy???? #irsyadputrakaroseri #trukmodifikasi #modifikasitruk #truk #modifikasi #fyp #viral ? Ghibli-style nostalgic waltz - MaSssuguMusic

Eko, pemilik Irsyad Putra Karoseri yang berlokasi di Batang, Jawa Tengah mengatakan bahwa untuk modifikasi truk tersebut memakan waktu yang sebentar.

“Untuk pengerjaanya sekitar satu bulan setengah yang dikerjakan oleh enam orang kru,” kata Eko kepada Kompas.com, Rabu (5/4/2023).

Lebih lanjut, dengan budget tersebut Eko menjelaskan ubahan yang dilakukan oleh karoseri adalah pengecatan, pengerjaan bak kayu kerangka besi bagian bak menggunakan kerangka kanal press papan kayu merbau oven.

Modifikasi TrukIrsyad Putra Karoseri Modifikasi Truk

Untuk variasi dilakukan mulai dari bemper yang menggunakan lampu patriot, depan serta spakbor depan dan belakang.

“Kemudian dipasang pula variasi lain seperti pengaman samping, mahkota variasi pipi, cerobong, pengaman belakang, full lighting dan stiker cutting,” kata Eko.

Tidak hanya eksterior, pada interior juga dilakukan ubahan dengan lapisan spons berwarna magenta dan kuning.

Baca juga: Pria Ini Beli All New Toyota Agya Cuma Bayar Satu Rupiah

Bagi yang berminat, Eko menyarankan agar calon pelanggan dengan truk baru untuk memesan bak terlebih dahulu ke pihak karoseri.

Namun, bila pemilik truk sudah punya truk dengan bak, bisa langsung mendiskusikan dengan karoseri apa saja variasi yang ingin disematkan pada truk.

“Unit truk baru itu kan biasanya belum ada baknya. Tapi bisa langsung datang ke karoseri untuk melakukan pemesanan,” kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com