Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjaga Kondisi Interior Mobil yang Sering Parkir di Tempat Terbuka

Kompas.com - 31/03/2023, 18:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Parkir mobil di tempat terbuka memiliki sejumlah risiko yang besar. Mobil  rawan dari kejahatan, dan juga kerusakan akibat faktor cuaca. Baik itu di bodi mobil, serta bagian dalam kabin. 

Kerusakan pada bagin kabin biasanya, di bagian jok, dan juga dashboard. Sebab, sinar matahari langsung membuat suhu di dalam ruangan menjadi sangat panas. Sebagaimana bila pertama kali pemilik akan masuk ke dalam mobil. 

Untuk itu, pemilik mobil perlu memperhatikan hal-hal penting untuk menjaga bagian kabin senantiasa terawat. Misalnya, membuka kaca sedikit saat parkir di tempat parkir yang terbuka. 

"Langkah itu bertujuan agar masih ada ventilasi udara yang masuk. Kabin tidak terlalu panas, dan untuk.menjaga kelembaban interior mobil," ucap Kepala Bengkel Nasmoco Janti Yogyakarta Bambang Sri Haryanto kepada Kompas.com, Jumat (31/3/2023). 

Baca juga: Butuh Ekstra Perawatan, Interior Mobil Warna Krem Rawan Kusam

Ilustrasi talang air kaca mobilDicky Aditya Wijaya Ilustrasi talang air kaca mobil

Namun demikian, saat membuka kaca tidak disarankan terlalu lebar. Untuk ini, pemilik mobil perlu juga memperhatikan kondisi tempat parkir. Pastikan, tempat yang dipilih berada di lokasi yang aman. 

"Perlu diingat, membuka kaca maksimal ukuran sejengkal jari, atau 1 cm. Itu dilihat dari sun visor. Jadi, orang lain tidak melihat kaca yang terbuka sedikit," kata Bambang. 

Perawatan kabin juga perlu diperhatikan. Jika mobil sering parkir di tempat terbuka, Bambang menyarankan, bagian itu harus rutin dibersihkan, dan juga perlu diberikan tambahan cairan perawatan khusus kabin. 

Interior cleaner @i.detail Interior cleaner

"Di lap kain basah tidak cukup. Material jok butuh perawatan khusus. Kulit jok agar tidak pecah-pecah, perlu diberikan pelembab, pakai interior cleaner," kata Bambang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com