Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atur Suhu AC di Kabin Mobil untuk Hindari Kaca Berembun

Kompas.com - 28/03/2023, 12:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan AC mobil tentunya membuat pengendara nyaman saat berada di kabin. Selain itu, AC juga berfungsi menghapus embun di kaca yang menggangu visibilitas mengemudi. 

Untuk itu, pemilik mobil perlu merawat AC dan memahami teknis penggunaan komponen tersebut. Saat musim hujan, kaca mobil mudah berembun. Butuh penyesuaian suhu di dalam kabin, agar AC cepat menghilangkan embun yang menempel. Lantas bagaimana caranya? 

Kepala Bengkel Nissan Setiabudi Semarang Andika Herda Permana menjelaskan, suhu udara kabin mempengaruhi kenyamanan penumpang dan membuat pengemudi terbantu untuk menghindari kaca berembun. 

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

"AC yang dingin, antara suhu udara di luar dan dalam kabin sama. Jadi tidak ada embun. Beda jika mobil tidak ada fitur AC-nya, jika kaca rapat pasti embun menutupi kaca depan dan samping. Selain penumpang nyaman, pengemudi juga terbantu untuk masalah visibilitas," kata Andika. 

Baca juga: Kenali Penyebab AC Mobil Bau, Salah Satunya karena Tikus Bersarang

Suhu AC yang dingin akan membuat uap air terhisap untuk digantikan udara yang sejuk dan kering. Kabin mobil yang lembab berdampak buruk, kaca mobil menjadi cepat berembun. 

Embun itu dapat dihilangkan dengan menurunkan suhu udara kabin. 

"Perlu di setel ulang suhunya. Jika udara lembab tidak juga hilang. Tapi, dilihat dulu. Embun yang menempel di kaca itu berasal dari luar atau dalam kabin. 

Kepala Bengkel Daihatsu Majapahit Semarang Sapto Pamungkas menjelaskan, saat hujan pengemudi jangan pernah mematikan AC. 

Kebiasaan mematikan AC agar tidak kedinginan saat berkendara ditengah hujan membuat kaca menjadi berembun.

Panel ACKompas.com/Erwin Setiawan Panel AC

"Biasanya kedinginan AC dimatikan. Padahal kaca menjadi mudah sekali berembun. Suhu di dalam kabin kan lebih hangat," kata Sapto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com