Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Le Mans 24 Hours, Motor Dimas Ekky Malah Terbelah Dua

Kompas.com - 30/03/2023, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dimas Ekky Pratama sudah mulai latihan untuk persiapan mengikuti FIM Endurance World Championship (EWC) Le Mans 24 Hours 2023. Mengandalkan Kawasaki Ninja ZX-10R, Dimas mengaku semakin nyaman dengan motor.

Ajang balap ketahanan ini akan digelar pada 15-16 April 2023. Sebelumnya, setiap tim diberi waktu untuk menjalani sesi tes di Sirkuit Le Mans, Prancis.

Baca juga: Berbagai Persiapan Dimas Ekky Jelang EWC LeMans 24H

Pada hari pertama, Dimas bersama tim Energie Endurance 91 menyelesaikan tes di posisi ke-12. Menurut Dimas, salah satu kendala adalah cuaca yang sangat dingin.

Dimas Ekky Pratama bersama rekan setimnya akan mengikuti FIM Endurance World Championship (EWC) 2023 Le Mans 24 Hours di Sirkuit Le Mans, PrancisDok. @energie_endurance_91 Dimas Ekky Pratama bersama rekan setimnya akan mengikuti FIM Endurance World Championship (EWC) 2023 Le Mans 24 Hours di Sirkuit Le Mans, Prancis

Pada hari kedua, Dimas mengatakan, ada dua kali sesi tes. Namun, sayangnya saat sesi kedua, rekan setimnya terjatuh hingga motornya terbelah dua.

"Terjatuh di tikungan 1, tikungan cepat. Jadi, motornya terbelah dua, sehingga kita tidak bisa lanjut lagi di sesi terakhir," ujar Dimas, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Balapan di LeMans 24 H, Dimas Ekky Dapat Kartu Izin Start Gratis

"Tapi, sejauh ini, sudah mulai menyatu dengan motornya, selangkah demi selangkah. Kebetulan pada hari kedua juga cuacanya bagus, 18-20 derajat Celcius," katanya.

Motor Kawasaki ZX-10R yang akan digunakan Dimas Ekky Pratama terbelah dua ketika digunakan oleh rekan setimnya dan terjatuhDok. @dimaspratama20 Motor Kawasaki ZX-10R yang akan digunakan Dimas Ekky Pratama terbelah dua ketika digunakan oleh rekan setimnya dan terjatuh

Dimas menyayangkan insiden yang menimpa rekan setimnya membuat timnya tidak bisa melanjutkan sesi tes. Khususnya, bagi Dimas, karena tidak bisa menambah kilometer di atas motor.

"Tapi, sudah mulai tahu karakter motor superbike Kawasaki, stock bike dengan ban Dunlop untuk kelas Superstock. Walaupun, masih banyak poin yang bisa kita tingkatkan," ujar Dimas.

Dimas mengatakan, dirinya tetap berpikir positif untuk balapan nanti. Sebab, saat jelang balapan nanti ada sesi tes lagi dua hari sebelum kualifikasi dan balapan dimulai pada Sabtu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ???? Endurance World Championship (@fim_ewc_official)

 

"Jadi, jaga motivasi tetap tinggi saja untuk Le Mans 24 Hours. Besok, saya pulang ke Indonesia sudah tahu mana poin yang perlu dipersiapkan setelah latihan tadi," kata Dimas.

"Sebab, pegang motor superbike itu terakhir waktu Suzuka 8 Hours. Jadi, minta doa dan dukungannya saja agar diberi kekuatan dan dapat hasil balap yang maksimal bersama rekan setim saya," ujarnya.

Untuk diketahui, Dimas Ekky Pratama merupakan pebalap Indonesia pertama yang mengikuti ajang balap ketahanan FIM Endurance World Championship (EWC) Le Mans 24 Hours, pada kategori Superstock.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com