Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi pada mobil-mobil terbaru semakin canggih dan memanjakan penguna, khususnya untuk segmen menengah ke atas.

Ada banyak fitur-fitur baru yang bisa dinikmati oleh konsumen, bahkan beberapa ada yang tersembunyi tapi punya fungsi yang bermanfaat.

Contohnya NFC Reader yang sudah disematkan Toyota di sebagian besar mobil mereka seperti Fortuner dan Innova Zenix Hybrid. Ini fitur ringkas, tapi memiliki kegunaan besar.

Baca juga: Varian GR Sport Toyota Dibuat Semakin Ramah Lingkungan

Mobil-mobil lansiran terbaru sudah punya NFC Reader untuk membaca saldo kartu e-tollStanly/KompasOtomotif Mobil-mobil lansiran terbaru sudah punya NFC Reader untuk membaca saldo kartu e-toll

“Pasti sering kan ada kejadian bingung dan kagok di jalan tol gara-gara saldo kartu e-toll habis. Biasanya orang kelupaan isi dan pakai feeling saja. Kalau sudah ada NFC Reader, pengguna bisa selalu tahu berapa saldo mereka,” ujar Ekowati, Pimpinan Teknis Auto2000 Kalimalang Jakarta Timur, kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Eko menambahkan, NFC Reader Toyota ada di posisi samping head unit dan bisa untuk digunakan semua jenis kartu elektronik yang beredar.

Selain fitur NFC Reader, beberapa mobil Toyota lansiran terbaru juga memiliki fitur service date reminder alias pengingat waktu servis.

“Fitur ini bisa bantu mengingatkan konsumen soal tanggal waktu servis berkala, biasanya tiap 6 bulan sekali. Jadi konsumen bisa cermat dan konsisten,” kata Eko.

Baca juga: Bahaya Motor Listrik Kelebihan Muatan, Umur Baterai Cepat Berkurang

Ada fitur tersembunyi di head unit beberapa mobil toyota, salah satunya adalah fitur service date reminder atau pengingat waktu servisDok. Duta Auto Solution Ada fitur tersembunyi di head unit beberapa mobil toyota, salah satunya adalah fitur service date reminder atau pengingat waktu servis

Supaya konsumen lebih memahami fitur-fitur bermanfaat yang tersembunyi, Eko menyarankan pengguna membaca buku manual.

Karena tak sedikit ketidaktahuan pengguna disebabkan karena belum membaca buku manual atau panduan yang didapat saat membeli mobil.

“Bisa juga ketika di bengkel, sempatkan ngobrol dengan teknisi dan tanyakan soal fitur-fitur ringkas bermanfaat di mobil. Pasti akan kami bantu jelaskan,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com