Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Pakai Lampu Variasi Bisa Jadi Penyebab Aki Motor Cepat Soak

Kompas.com - 16/03/2023, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Supaya performa aki motor terjaga dan kinerjanya optimal, ada beberapa cara perawatan yang dianjurkan untuk pengendara.

Anjuran ini disampaikan oleh Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88. Menurutnya, cara merawat aki motor tidak sulit aslkan pengendara taat instruksi petunjuk penggunaan.

Poin pertama adalah tidak melakukan variasi dan modifikasi berlebihan yang berkaitan dengan elektrikal motor seperti lampu sorot, angel eyes, atau klakson variasi.

“Sekarang sudah banyak dijumpai motor yang modifikasinya seperti pasar malam, banyak dipasangi lampu custom dan klaksonnya nyaring. Bahkan ada pula yang dimodif supaya punya lampu hazard,” ucap Anto kepada Kompas.com, Kamis (14/3/2023).

Baca juga: Teori Kompensasi dan Jumlah Kecelakaan yang Tinggi

Contoh lampu variasi jenis Angel EyesKompas.com/Daafa Contoh lampu variasi jenis Angel Eyes

Variasi berlebihan pada lampu dan klakson motor, selain berpotensi menyalahi aturan lalu lintas, juga sangat berisiko menurunkan performa aki.

“Akibatnya kan sumber daya yang diperlukan langsung melonjak jadi besar sekali. Otomatis umur aki berkurang banyak,” katanya.

Selain variasi berlebihan, hal lain yang bisa menurunkan performa aki adalah mendiamkan motor dalam waktu yang lama.

Dijelaskan oleh Anto, motor yang lama didiamkan akan melemahkan aki karena tidak ada tegangan masuk dan tegangan keluar.

Baca juga: Gaya Mengemudi Orang Indonesia di Tiap Daerah Berbeda-beda

Sepeda motor diparkir menggunakan standar dua atau standar tengah.KOMPAS.com/Gilang Sepeda motor diparkir menggunakan standar dua atau standar tengah.

“Enggak perlu nunggu satu tahun, motor yang diam dan tidak dipakai selama 2 minggu saja bisa berdampak pada aki. Umurnya jadi lebih pendek dan susah di start-up,” ujarnya.

Untuk menghindari risik tersebut, pengguna disarankan rutin menggunakan motor, walaupun hanya untuk berkeliling singkat. Hal itu akan menjaga kualitas tegangan aki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke