Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus di Program Mudik Gratis 2023 Harus Lulus Ram Check

Kompas.com - 14/03/2023, 15:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Menyambut musim mudik Lebaran 2023, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuka pendaftaran program mudik gratis 2023. Masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis 2023 harus mendaftar melalui aplikasi MitraDarat hingga 14 April 2023.

Dalam program mudik gratis tahun ini, Kemenhub telah menyiapkan 585 unit bus yang dibagi menjadi dua keperluan. Untuk arus mudik tersedia 459 unit bus, dan arus balik 126 unit bus.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat, Suharto mengatakan jika bus yang akan digunakan yakni bus yang telah lulus ram check.

Ram check merupakan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kendaraan layak jalan atau tidak guna mencegah terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Marquez Pesimistis Bisa Podium di Seri Pembuka GP Portugal

“Ini kita sudah menyampai sejak jauh-jauh hari kepada para operator bus. Operator bus ini di musim mudik biasanya jadi musim panen. Jadi bukan berarti bus yang panen itu bisa mengkesamping regulasi, teknis, kelayakan dan sebagainya,” kata Suharto pada Press Conference Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2023 secara virtual, Senin (13/3/2023).

Baca juga: Syarat dan Cara Ikut Program Mudik Gratis 2023 dari Kemenhub

Maka dari itu, bus yang akan digunakan untuk mudik gratis 2023 dari Kemenhub harus memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan, dan secara administrasi juga lengkap.

Jika bus telah lulus ram check akan ditempelkan stiker sebagai tanda bahwa kendaraan ini sudah layak jalan.

“Ini sebagai pengingat juga kepada masyarakat yang ingin menggunakan bus di program ini, bila bus belum ditempel stiker, berarti silahkan mengganti moda yang lain ,” kata Suharto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com