Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Relawan Bantu Pengguna Kendaraan di Jalur Cangar-Pacet

Kompas.com - 11/03/2023, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video aksi relawan yang membantu pengguna kendaraan bermotor melewati wilayah Gotekan, Cangar-Pacet Mojokerto.

Dalam video yang diunggah oleh akun @updatemojokerto, terlihat sejumlah pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang kesulitan melewati jalur tersebut.

Para relawan pun terlihat membantu sejumlah pengguna jalan yang kesulitan melewati tanjakan, beberapa juga ada yang terlihat menahan pengendara motor yang nyaris mengalami rem blong.

Baca juga: Kia Mulai Serahkan EV6 ke Konsumen Pertama di Indonesia

“Untuk pengendara roda empat gunakan gigi rendah dan nyalakan AC. Untuk pengendara roda dua silahkan cek rem, apabila tidak berfungsi silahkan berhenti di rest area,” ucap wanita dalam video tersebut.

Unggahan itu pun mendapat beragam komentar dari warganet, tak sedikit dari mereka yang mengagumi aksi para relawan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Update Mojokerto (@updatemojokerto)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, aksi yang dilakukan oleh para relawan tersebut boleh dilakukan, namun harus benar cara dan skemanya. Karena menurutnya, kondisi jalan yang naik, turun, licin, adalah kondisi yang berbahaya.

“Jangan sampai bantu tetapi justru menimbulkan korban lain. Misal, cari titik paling aman untuk briefing, berdiri di posisi yang aman tidak di depan atau belakang kendaraan, pakai alat yang aman dan kasih rambu yang juga dipahami,” ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/3/2023).

Baca juga: Video Viral Warga Lempari Batu ke Mobil, Diduga Balap Liar

Adapun saat melewati jalan menanjak dan menurun, pengemudi juga harus memanfaatkan momentum dan memiliki skill berkendara. Harus dipastikan juga bahwa mobil dalam keadaan yang sehat.

Pastikan kondisi kendaraan prima dan operasionalnya benar, salah satunya dengan melakukan servis rutin dan pemeriksaan sebelum melakukan perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com