Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengencangkan Rantai Motor, Perlukah Lepas Shockbreaker?

Kompas.com - 05/03/2023, 09:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rantai sepeda motor konvensional memiliki peranan yang sangat penting. Risiko kerusakan bisa terjadi jika rantai tidak terpasang dan disetel dengan baik. Oleh karena itu, pengendara harus mengetahui cara yang mudah dan tepat untuk menyetel rantai motor.

Menyetel rantai motor pada dasarnya berarti mengencangkan rantai tersebut. Masalah yang sering terjadi pada motor adalah rantai yang kendur karena penggunaan yang terus menerus.

Beredar video tiktok viral mengenai cara mengencangkan rantai motor kendur yang diunggah oleh akun @deviantowahjoe, Jumat (3/3/2023) dan sudah ditonton sebanyak lebih dari 4 juta pemirsa tiktok.

Akan tetapi, banyak netizen yang mengeluhkan cara pengencangan rantai pada video tersebut, di mana ada proses pelepasan shock belakang motor. Menurut beberapa netizen, cara itu terlalu ribet.

Baca juga: Tips Modifikasi Kelistrikan Mobil Agar Tetap Aman

@deviantowahjoe Rantai Longgar #tipsmotor #perawatanmotor #motorkopling #rantaimotor ? original sound - Devianto F Wahjoe

 

Terkait video itu, PDI Inspector AHM Agung Hayu Pangestu menjelaskan jika cara mengencangkan rantai yang ditunjukkan memiliki poin tepat dan kurang tepat.

“Sudah ada beberapa poin yang tepat, seperti jarak bebas kerenggangan sebesar 25 milimeter. Tapi seharusnya, shock bagian belakang tidak perlu sampai dilepas,” ujarnya ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/3/2023).

Agung menjelaskan, pelepasan shock belakang tidak mutlak diperlukan. Komponen tersebut hanya dilepas jika memang ada kendala atau perlu dilakukan pembersihan.

“Kalau shock dilepas saat mengencangkan rantai motor, ada risiko lain yang mungkin terjadi yaitu rantai jadi terlalu tegang ketika shock dipasang kembali. Selain itu, proses seperti ini juga menghabiskan banyak waktu,” kata Agung.

Baca juga: Asal Muasal Pemerintah Naikkan Harga LCGC

AHM hadirkan Bale Santai Honda, AHASS Siaga, dan AHASS Jaga untuk temani konsumen di momen lebaran Idul Fitri 1443 H

Foto: Honda AHM hadirkan Bale Santai Honda, AHASS Siaga, dan AHASS Jaga untuk temani konsumen di momen lebaran Idul Fitri 1443 H

Lebih lanjut, Agung lebih menyarankan konsumen untuk mengencangkan rantai motor di bengkel resmi karena selain SOP-nya jelas, juga lebih minim risiko.

“Di bengkel resmi kan bisa sekalian diperiksa, misal ada komponen yang bermasalah, atau minimal dibersihkan dan diberi pelumas supaya kondisi rantai tetap prima,” ujarnya.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com