Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadaan Mobil Jeep Rp 2,3 Miliar untuk Pemprov DKI, Dapat Model Apa?

Kompas.com - 04/03/2023, 17:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, ramai dibicarakan tentang anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk membeli mobil Jeep sebesar Rp 2,3 miliar. Mobil tersebut rencananya akan dijadikan kendaraan dinas Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Pengadaan kendaraan dinas operasional tersebut terdapat dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (SIRUP LKPP). Terancum di dalam SIRUP tersebut anggaran untuk satu unit mobil dengan kapasitas mesin 4.200 cc.

Baca juga: Puluhan Jeep Rubicon Terjual di IIMS 2023

"Nama KLPD Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. Satuan kerja Pusat Penyimpanan Barang Daerah. Lokasi pekerjaan Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 1 Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Administrasi Jakarta Timur," tulis keterangan dalam situs LKPP itu, dikutip pada Sabtu (4/3/2023).

Laman Sirup LKPP menunjukkan pengadaan mobil Jeep untuk Pj Gubernur DKI Jakarta dan Ketua DPRD DKI Jakarta. Pengadaan diunggah pada Rabu (1/3/2023).sirup.lkpp.go.id Laman Sirup LKPP menunjukkan pengadaan mobil Jeep untuk Pj Gubernur DKI Jakarta dan Ketua DPRD DKI Jakarta. Pengadaan diunggah pada Rabu (1/3/2023).

"Volume pekerjaan 1 unit. Uraian pekerjaan pengadaan kendaraan dinas bermotor perseorangan Pj Gubernur," tulis keterangan tersebut.

Pertanyaannya, Jeep model apa yang didapat dengan anggaran sebesar Rp 2,3 miliar?

Baca juga: Jeep Rilis Wrangler Edisi Spesial, High Tide dan Jeep Beach

Untuk diketahui, APM Jeep di Indonesia saat ini dipegang oleh PT DAS Indonesia Motor. Terdapat beberapa model yang dipasarkan, mulai Compass, Wrangler Rubicon, Wrangler Sahara, hingga Gladiator Rubicon.

Jajaran model Jeep dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Kompas.com/Donny Jajaran model Jeep dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

Banderolnya pun juga beragam, mulai yang terendah adalah Compas dengan harga Rp 799 juta. Model yang tertinggi adalah Gladiator Rubicon seharga Rp 2,135 miliar. Harganya masih berstatus off the road, sehingga bisa bertambah lagi jika sudah dikenakan pajak.

Berikut ini daftar harga (off the road) mobil Jeep per Maret 2023:

  • Jeep Compass : Rp 799 juta
  • Jeep Wrangler Rubicon 2-Door : Rp 1,73 miliar
  • Jeep Wrangler Rubicon 4-Door : Rp 1,835 miliar
  • Jeep Wrangler Rubicon 4-Door : Rp 1,855 miliar (model Sky-One Touch roof)
  • Jeep Wrangler Sahara 4-Door : Rp 1,73 miliar
  • Jeep Gladiator Rubicon : Rp 2,135 miliar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com