Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Mungil Mirip Toyota Alphard Meluncur, Harga Rp 87 Jutaan

Kompas.com - 01/03/2023, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil asal China bernama Weiao baru saja meluncurkan mobil listrik mungil yang mirip Toyota Alphard bernama Boma EV.

Kemiripan mobil listrik yang diproduksi oleh ZX Auto (Hebei Zhongxing Automobile Co Ltd) dengan Toyota Alphard ini terlihat jelas di bagian fascia depan.

Grill depan Weiao Boma EV memiliki bentuk vertikal dan penuh dengan garis layaknya Toyota Alphard generasi terbaru. Tak hanya itu, desain headlamp atau lampu depan, sampai bentuk bemper depan juga dibuat mirip dengan multi purpose vehicle (MPV) mewah milik Toyota itu.

Baca juga: Bus Listrik Masih Sulit untuk Layanan Antarkota Antarprovinsi

Dikutip dari Carnewschina, Selasa (28/3/2023), Weiao Boma EV memiliki dimensi panjang 3.517 mm, lebar 1.495 mm dan tinggi 1.660 mm, dengan jarak roda 2.495 mm. Mobil listrik mini asal China ini menggunakan pelek berukuran 15 inci dengan profil ban 165/55.

Melihat dimensinya, mobil Ini bakal berhadapan langsung dengan Wuling Hongguang Mini EV yang sudah lebih dulu diperkenalkan.

Weiao BOMA EV Carnewschina Weiao BOMA EV

Berlanjut ke bagian interior, desain kabin begitu sederhana. Mengadopsi layar ganda yang terdiri dari panel instrumen 7 inci dan layar hiburan (head unit) berukuran 9 inci. Kemudian, terdapat sederet tombol untuk pengaturan AC diatas kisi-kisi penyejuk udara.

Mobil listrik ini mengandalkan permanent magnet synchronous motor dengan daya 30 kW dan torsi puncak 84 Nm.

Weiao Boma EV memiliki dua pilihan baterai lithium ternary. Pertama, baterai berkapasitas 11.9kWh memiliki jarak tempuh 130 km dengan waktu pengisian baterai (standar) 7 jam dari 0 – 100 persen.

Weiao BOMA EV carnewschina Weiao BOMA EV

Kemudian opsi kedua adalah baterai dengan kapasitas 18.5 kWh dengan jarak tempuh 200 km dan waktu pengisian baterai (standar) 10 jam dari 0 – 100 persen.

Kedua baterai tersebut memiliki kecepatan maksimal tertinggi yang sama, yakni 100 km per jam.

Baca juga: Bos Honda Yakin Joan Mir Lebih Baik dari Pol Espargaro

Bicara soal harga Weiao Boma EV dijual mulai dari 39.900 RMB atau sekitar Rp 87,6 juta, dan untuk tipe tertingginya dibanderol 51.900 RMB atau sekitar Rp 114 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com