Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Honda Yakin Joan Mir Lebih Baik dari Pol Espargaro

Kompas.com - 28/02/2023, 18:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Manager Repsol Honda Alberto Puig percaya bahwa Joan Mir bisa tampil maksimal bersama Honda. Bahkan lebih baik dari Pol Espargaro yang musim depan pindah ke GasGas.

Puig mengatakan Honda memilih Mir karena punya determinasi yang tinggi. Mir merupakan mantan juara dunia musim 2020, salah satu musim paling berat karena diselenggarakan saat pandemi Covid-19 sedang tinggi-tingginya.

Baca juga: Begini Jadinya Kalau Kijang Innova Reborn Punya Versi GR

Alberto PuigFoto: gpxtra.com Alberto Puig

"Penandatanganan Mir adalah karena apa yang diwakili tim ini, itu alasan yang sama mengapa kami merekrut Jorge Lorenzo, untuk hasil yang telah dicapainya dan karena kami pikir dia bisa berjalan dengan baik," kata Puig melansir Tuttomotoriweb, Selasa (28/2/2023).

"Dalam kasus Pol Espargaró, kami pikir dia dapat menyumbangkan pengalamannya setelah bersama pabrikan lain, kami dapat mengumpulkan banyak informasi dan manfaat dari pengembangan motor kami,” ujar dia.

Puig meyakinkan bahwa ada sejumlah kriteria yang Honda cari pada diri Mir. Untuk diketahui bahwa tiga musim terakhir Honda tepuruk bersama dengan cederanya pebalap utama Honda Marc Marquez sejak Jerez 2020.

Baca juga: Persaingan SUV Ringkas Januari 2023, WR-V Taklukkan Raize-Rocky

Marc Marquez (kedua dari kiri) dan Joan Mir (kedua dari kanan) berpose dalam acara peluncuran motor Honda RC213V untuk MotoGP musim 2023 yang digelar di Repsol Campus, Madrid, Spanyol, pada Rabu (22/2/2023).AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Marc Marquez (kedua dari kiri) dan Joan Mir (kedua dari kanan) berpose dalam acara peluncuran motor Honda RC213V untuk MotoGP musim 2023 yang digelar di Repsol Campus, Madrid, Spanyol, pada Rabu (22/2/2023).

Semenjak itu penampilan Honda di kelas premier melempem. Arah pengembangan motor RC213V yang disebut motornya sang juara jadi kurang jelas arahnya. Pada musim 2020 Honda kalah dari Suzuki, pada 2021 kalah dari Yamaha dan 2022 dari Ducati.

“Kami merekrut Joan karena kami percaya dia memiliki banyak kualitas yang sesuai dengan mentalitas kami, dia adalah pembalap yang cepat dengan pengalaman. Ketika Anda menjadi juara ada alasannya," kata Puig.

"Dia memenangkan gelar bersama Suzuki dengan cara yang sangat bijaksana dan dipelajari. Kami memiliki keyakinan penuh pada apa yang bisa dia lakukan,” tambah Puig.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com