Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zainudin Amali Mau Esemka Bima EV Jadi Mobil Operasional Kemenpora

Kompas.com - 21/02/2023, 12:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadirnya PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di IIMS 2023 disambut antusias oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Setelah mendengar kabar jika Esemka membuka booth di IIMS, menpora langsung mendatangi lokasi.

Darimpantauan langsung, terlihat Menpora Zainudin Amali banyak berbincang dengan Eddy Wirajaya, Presiden Direktur Esemka. Dirinya juga nampak sibuk memperhatikan spesifikasi dari truk pikap Bima 1.3.

"Saya sudah melihat mobil ini (Esemka Bima 1.3) ketika masih prototipe di Boyolali. Alhamdulillah sekarang sudah meluncur dan Esemka punya varian baru," kata Menpora pada Kompas.com, Senin (20/2/2023).

Setelah cukup lama mengamati Bima 1.3, Menpora langsung beranjak ke Bima EV, prototipe minibus listrik terbaru milik Esemka. Zainudin mengaku terkejut usai mengetahui Bima EV adalah kendaraan yang 100 persen listrik dan bukan hybrid.

Baca juga: Komentar Pengunjung IIMS 2023 pada Esemka Bima EV

Eddy Wirajaya, Presiden Direktur Esemka berbincang-bincang dengan Menpora Zainudin Amali soal Esemka Bima 1.3KOMPAS.com/daafa Eddy Wirajaya, Presiden Direktur Esemka berbincang-bincang dengan Menpora Zainudin Amali soal Esemka Bima 1.3

Zaenudin menjelaskan, jika inovasi yang ada di Bima EV adalah hal yang menarik. Ia juga berharap minibus ini akan banyak diproduksi untuk kedepannya.

"Mobil ini bisa muat banyak (11 orang), oke dan nyaman juga, ditambah lagi sudah 100 persen elektrik. Saya kira semakin banyak kendaraan ini diproduksi maka semakin bagus pula untuk mendorong penerapan energi hiujau di Indonesia," ujarnya.

Ketika ditanya perihal kemungkinan mobil Esemka Bima EV digunakan untuk kendaraan operasional di Kemenpora, Zainudin mengaku tertarik dan setuju dengan kemungkinan tersebut.

"Saya setuju, itu bisa jadi sekali karena saya kira mobil ini bagus dan daya angkutnya kan banyak. Saya tidak ada masalah jika mobil ini dijadikan mobil operasional (Kemenpora), bahkan saya akan bantu mendorong suksesinya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com