Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Kesuksesan Gresini Racing di MotoGP

Kompas.com - 13/02/2023, 19:19 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gresini Racing dikenal sebagai salah satu tim satelit MotoGP yang sudah menghasilkan pebalap-pebalap bertalenta. Gresini pernah sukses menghasilkan nama-nama besar seperti Sete Gibernau, Daijiro Kato dan Marco Simonceli.

Atas pencapaiannya itu, Gresini bahkan mendapatkan julukan Contender Maker Team (Tim Pencipta Penantang) di MotoGP.

Hal itu disampaikan oleh Carlo Merlini pada Kompas.com di sela-sela acara kunjungannya ke Indonesia pada Minggu (6/2/2023). Menurut Merlini, ketiga pebalap tersebut memiliki andil dalam membesarkan nama Gresini Racing.

Baca juga: Bastianini Anggap Bezzecchi dan Diggia Kuda Hitam MotoGP 2023

Carlo Merlini dan Nadia Padovani dari tim Gresini Racingmedia Release Federal Oil Carlo Merlini dan Nadia Padovani dari tim Gresini Racing

"Kami (Gresini) pernah memunculkan pebalap-pebalap hebat seperti Kato, Gibernau dan Simoncelli. Beberapa orang bahkan menjuluki kami contender maker team. Saya suka itu," Carlo Merlini, Direktur Marketing dan Komersil Gresini Racing.

Lebih lanjut, Merlini juga menjelaskan rahasia di balik penciptaan talenta-talenta berbakat oleh Gresini. Totalitas dan loyalias, serta gairah khas Italia terhadap balap motor adalah bumbu utama kesuksesan mereka.

"Kami punya cinta dan gairah Italia, itulah yang kami sebarkan ke semua rekan dan pebalap kami. Dukungan lain dari sponsor-sponsor terhormat juga sangat membantu," ucapnya.

Pada gelaran MotoGP 2022 lalu, Gresini tampil apik berkat performa Enea Bastianini. Menunggangi Ducati Desmosedici, Le Bestia (julukan Bastianini) berhasil menduduki peringkat ke-3 klasemen akhir.

Baca juga: Klasemen Akhir pra-Musim MotoGP 2023 di Sepang, Luca Marini Tercepat

Duo Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio dari Gresini Racing MotoGPKOMPAS.com/daafa Duo Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio dari Gresini Racing MotoGP

Hasil tersebut membuatnya dipromosikan ke tim utama Ducati Lenovo untuk kompetisi MotoGP 2023 yang akan digelar pada 26 Maret mendatang.

Di gelaran MotoGP 2023, tim Gresini juga menerima sorotan karena menghadirkan Alex Marquez, adik kandung dari Marc Marquez.

Sejauh ini sang pebalap Spanyol itu tampil impresif dengan Gresini, dibuktikan dengan catatan waktunya pada tes pra-Musim di Sepang yang lebih cepat dibandingkan sang kakak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com