Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayonara Daihatsu Xenia RWD

Kompas.com - 03/02/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Januari 2023, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi tak lagi memproduksi Xenia dengan sistem penggerak roda belakang alias rear-wheel drive (RWD).

Keputusan tersebut disampaikan Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Director Corporate Planning & Communications ADM, di sela-sela seremoni groundbreaking pabrik barunya di Karawang, Jawa Barat, Kamis (2/2/2023).

"Per Januari ini kami sudah tidak memproduksi lagi Xenia yang penggerak roda belakang. Jadi Xenia RWD sudah tidak lagi ya," ucap Agung kepada media.

Baca juga: Bangun Pabrik Baru, Daihatsu Kucurkan Investasi Rp 2,9 Triliun

Sebagai gantinya, Daihatsu sudah menyiapkan Xenia tipe M khusus segmen fleet dengan penggerak roda depan (front-wheel drive/FWD) dan hanya dilengkapi transmisi manual saja.

Daihatsu Xenia RWDKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Xenia RWD

Agung menjelaskan, salah satu alasanya karena kebanyakan konsumen fleet Xenia juga sudah mulai beralih ke model baru yang menggunakan penggerak roda depan.

"Kami sudah menyipkan Xenia tipe M per Januari, transmisi manual untuk menggantikan model yang sebelumnya tapi khusus fleet saja," ucap Agung.

Meski demikian, Agung menjelaskan, masih ada stok unit Xenia RWD yang disiapkan guna memenuhi permintaan konsumen fleet yang sudah memesan sejak lama. Tapi produksinya dipastikan berakhir pada Januari 2023.

Diketahui Xenia RWD dengan mesin 1.300 cc juga digunakan Toyota dengan nama Transmover yang banyak diaplikasi sebagai taksi.

Baca juga: Ikut IIMS 2023, Esemka Siap Luncurkan Mobil Listrik?

Daihatsu Xenia RWDKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Xenia RWD

Ketika disinggung nasib Transmover karena sudah tak lagi diproduksi, Agung enggan memberikan komentar lebih lanjut.

"Untuk itu (Transmover) bisa ditanyakan langsung pada Toyota Astra Motor (TAM), karena keputusannya itu masing-masing berbeda," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com