Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Daihatsu Ayla Generasi Terbaru Mulai Terungkap

Kompas.com - 31/01/2023, 09:26 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi baru Perodua Axia segera meluncur di Malaysia. Mobil ini merupakan kembaran dari Daihatsu Ayla di Indonesia.

Dikutip dari Paultan.org, Selasa (31/1/2023), Axia akan menggunakan platform baru Daihatsu New Global Architechture (DNGA) dengan kode D74A. Perubahannya cukup signifikan dibandingkan model sebelumnya.

Sektor dapur pacu, Axia akan dibekali mesin EEV dengan transmisi D-CVT. Spesifikasi tersebut diketahui dari brosur yang beredar. Namun, tidak disebutkan juga apakah akan dibekali dengan turbo atau tidak.

Baca juga: Mau Ada Generasi Baru, Diskon Daihatsu Ayla Tembus Rp 10 Juta

Kemudian, terdapat tambahan fitur Power Mode dan Eco Idle. Ubahannya kurang lebih seperti yang diterima oleh All New Sirion di Indonesia.

All New Perodua Axia, kembaran Agya-Ayla di IndonesiaDok. Paultan.org All New Perodua Axia, kembaran Agya-Ayla di Indonesia

Axia juga semakin modern dengan penyematan lampu depan yang sudah mengadopsi teknologi LED. Lampu tersebut juga dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL).

Selanjutnya, spion juga sudah bisa menekuk otomatis secara elektrik. Meskipun, hanya pada varian tertentu saja. Fitur canggih lainnya yang disematkan adalah keyless entry.

Ubahan lainnya yang menjadi sorotan adalah bagian interior. Panel instrumennya sudah menggunakan layar TFT berukuran tujuh inci. Pada brosur juga menunjukkan 3D ring tachometer. Untuk head unit, dibekali dengan layar sentuh berukuran sembilan inci model floating.

Baca juga: All New Ayla dan Agya Bakal Pakai Mesin Turbo?

Bagian jok juga dibuat berbeda, di mana varian G dan X yang menjadi varian terbawah dibekali dengan jok yang headrest-nya menyatu. Sementara varian SE dan AV yang merupakan varian teratas, joknya model semi bucket seat dan headrest terpisah.

All New Perodua Axia, kembaran Agya-Ayla di IndonesiaDok. Paultan.org All New Perodua Axia, kembaran Agya-Ayla di Indonesia

Fitur keselamatan pasif turut mengalami peningkatan. Axia sekarang sudah dilengkapi enam airbag. Sementara untuk fitur keselamatan aktif, Advanced Safety Assist (ASA) tetap disematkan.

Bahkan, pada varian tertinggi disebutkan akan disematkan fitur Lane Keeping Assist, Blind Spot Monitoring, dan Adaptive Cruise Control.

Tak menutup kemungkinan generasi terbaru dari All New Agya-Ayla juga akan hadir dalam waktu dekat di Indonesia. Ubahan yang akan diusung diyakini tidak akan jauh berbeda dengan Perodua Axia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com