Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Soal Kapan Luncurkan Mobil Listrik, Ini Jawaban Daihatsu

Kompas.com - 18/01/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Euforia kendaraan elektrifikasi di Indonesia makin menggeliat. Apalagi ditambah wacana pemberian insentif untuk pembelian mobil dan motor listrik berbasis baterai.

Namun demikian, kondisi tersebut ternyata tak serta-merta membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tertarik langsung mengambil porsi dengan meluncurkan mobil listriknya tahun ini.

Bahkan, untuk Ayla listrik yang sudah pernah dipamerkan serta digadang-gadang menjadi pesaing Wuling Air ev, dipastikan tak akan meluncur dalam waktu dekat.

Baca juga: Toyota Sebut Konversi Mobil Listrik Bisa Capai Netralitas Karbon

"Tahun ini dipastikan belum memasarkan Ayla EV," kata Sri Agung Handayani, Corporate Planning & Communication Director PT ADM kepada media di Senayan, Selasa (17/1/2023).

Ruang mesin Ayla EV yang kini sudah digantikan dengan baterai.KOMPAS.com/STANLY RAVEL Ruang mesin Ayla EV yang kini sudah digantikan dengan baterai.

Agung menjelaskan, di tengah maraknya mobil listrik yang bermunculan, bagi Daihatsu tetap butuh proses dan kesiapan beragam hal. Paling utama terkait soal penerimaan konsumen.

Secara produk, mobil Daihatsu mengincar konsumen yang baru ingin membeli mobil atau pindah dari sebelumnya menggunakan moda transportasi lain.

Beda dengan karakteristik konsumen mobil listrik saat ini yang didominasi second buyer, alias konsumen yang sudah memiliki dan membeli lagi untuk dijadikan mobil kedua atau seterusnya.

Dengan demikian, belum bisa dipastikan apakah minat dari mobil listrik di Tanah Air mengarah ke basic demand atau sekadar trendsetter demand.

Baca juga: Sigra Pimpin Penjualan Daihatsu Sepanjang 2022

Terkait Ayla EV, ada beberapa aspek yang masih terus dilakukan Daihatsu. Dari segi kualitas, long term, renewal, sampai ke sektor pengolahan limbah dari baterainya.

Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Semua hal tersebut, menurut Agung, disiapkan Daihatsu melalui fasilitas RnD. Dengan demikian, saat nantinya mobil listrik sudah jadi market volume, dari segi manufakturnya sudah siap.

"Kami dari Daihatsu sangat mendukung upaya karbon netral bersama kebijakannya dari pemerintah. Semangat kami ke EV dan kita menuju ke sana sebagai komitmen di 2025, dan pada saatnya nanti kami akan berikan informasi lagi," ujar Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com