Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2023, 07:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) akan dilaksanakan pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Pameran otomotif tahunan ini nantinya dihadiri lebih dari 40 brand otomotif.

Pameran yang berlangsung selama 11 hari ini akan menampilkan deretan mobil keluaran baru. Bahkan, beberapa merek membawa mobil konsep yang belum pernah diperkenalkan di Indonesia.

Pabrikan pertama yang akan membawa mobil baru, yaitu Chery. Produknya sudah pernah dipamerkan di IIMS 2022, yakni Omoda 5 namun tahun ini dengan setir kanan dan bisa dicoba langsung.

Baca juga: Ikut IIMS 2023, Esemka Siap Luncurkan Mobil Listrik?

Chery Omoda 5CSI Chery Omoda 5

"IIMS merupakan salah satu planning kita sebagai jembatan untuk launching produk yang kita sebut Omoda. Ini pertama kalinya akan ditampilkan di IIMS bagaimana Omoda yang akan kita launching nantinya," ucap Rifkie Setiawan, Marketing General Manager PT Chery Motor di Jakarta.

Kemudian DFSK, disebutkan akan membawa dua produk dengan penggerak motor listrik berbasis baterai. Model pertama SUV ringkas lima penumpang (5-seater) dan satu lagi pikap EV.

Pabrikan ketiga yang memberi bocoran mobil yang akan dibawa pada IIMS 2023 adalah MG Motor. MG akan membawa mobil listrik berbasis baterai, yaitu MG4 EV yang punya tampilan unik.

Baca juga: Bocor Foto Mobil Listrik yang Diduga Jadi Produk Esemka

Bocoran mobil baru Subaru di IIMS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bocoran mobil baru Subaru di IIMS 2023

Selanjutnya, Mitsubishi akan membawa mobil konsep di IIMS 2023. Memang belum ada kepastian, konsep apa yang dibawa, spekulasi adalah SUV ringkas pesaing Honda WR-V dan Toyota Raize.

Selanjutnya Subaru yang akan membawa produk World Rally Xperimental (WRX) ke Indonesia. Mobil sedan empat pintu ini punya aura reli yang khas dari Subaru, tidak sabar menunggu aslinya.

Bocoran mobil baru Suzuki di IIMS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bocoran mobil baru Suzuki di IIMS 2023

Suzuki menjadi pabrikan mobil yang memberi bocoran lebih dulu akan membawa mobil apa. Gambar siluet SUV kembali ditampilkan di Press Conference IIMS 2023, Kamis (2/2/2023) yang diduga kuat adalah Grand Vitara.

Sedangkan Toyota, tidak memberi siluet gambar produk yang akan hadir di IIMS 2023. Mereka hanya menulis, Ever Better Cars di 2023, ada anggapan kalau generasi baru dari Agya akan diperkenalkan.

Bocoran mobil baru Toyota di IIMS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bocoran mobil baru Toyota di IIMS 2023

Terakhir ada Wuling yang akan memperkenalkan produk di IIMS 2023. Dugaan kuat dari siluet yang ditampilkan, mobil tersebut adalah Wuling Alvez yang selama ini kerap terlihat diuji coba.

Bocoran mobil baru Wuling di IIMS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bocoran mobil baru Wuling di IIMS 2023

Sebenarnya masih ada pabrikan lain, namun di Press Converence tidak ada perwakilannya. Paling menarik adalah muncul kembali nama Esemka, yang kabarnya mau bawa mobil listrik ke JIExpo Kemayoran nanti di IIMS 2023.

Hozon Auto Neta U yang diduga bakal jadi mobil listrik EsemkaTangkapan layar group WhatsApp Hozon Auto Neta U yang diduga bakal jadi mobil listrik Esemka

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com