Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2023, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor hyper atau hyperbike dari Kawasaki yakni Ninja H2 resmi diperkenalkan secara global pada 2014. Setahun berselang, motor bertenaga buas tersebut hadir di Indonesia.

Ninja H2 menggunakan mesin 998 cc empat silinder segaris dengan supercharger. Saat itu, tenaga yang dihasilkan 200 TK sampai 210 TK jika mengenakan Ram-air, tapi seiring waktu, tenaga tadi terus bertambah, termasuk di versi 2023.

Untuk versi 2023, dikutip dari laman Kawasaki Indonesia, Ninja H2 menghasilkan tenaga 239,6 TK di 11.500 rpm dan torsi 141,7 Nm di 11.000 rpm. Jadi ada peningkatan tenaga dari model yang pertama kali dirilis.

Baca juga: Detail Prototipe Kawasaki Ninja BEV, Sudah Mirip Versi Produksi

Wheelie di atas es menggunakan Kawasaki Ninja H2.paultan.org Wheelie di atas es menggunakan Kawasaki Ninja H2.

Selain tenaga, harga dari Ninja H2 di Indonesia untuk lansiran 2023 adalah Rp 860 juta. Sedangkan untuk model tahun lalu (2022) dijual Rp 830 juta OTR Jakarta.

Harga tersebut untuk motor Jepang bisa dibilang fantastis. Kalau dibandingkan dengan saudaranya yang 1.000 cc yakni Ninja ZX-10R, di Indonesia cuma dibanderol Rp 550 jutaan, selisih Rp 300 jutaan.

Memang, secara tenaga dan torsi, ZX-10R kalah cukup jauh dari Ninja H2. ZX-10R 'cuma' menghasilkan 213 PS atau sekitar 210 TK dan torsi 114,9 Nm.

Baca juga: Suzuki Pamer Siluet SUV Mirip Grand Vitara, Siap Meluncur Bulan Depan


Artinya, tambahan supercharger di Ninja H2 sangat berperan dalam mendongkrak tenaga. Secara dimensi, kedua motor kurang lebih sama, cuma berbeda sedikit, tidak sampai 3 cm.

Tapi kalau bobot basah, Ninja H2 lebih berat 31 Kg daripada ZX-10R. Ninja H2 bobotnya 238 Kg, sedangkan ZX-10R cuma 207 Kg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.