Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Sejarah Suzuki Grand Vitara di Indonesia

Kompas.com - 26/01/2023, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dipastikan bakal segera meluncurkan produk pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung pada Februari 2023.

Berdasarkan siluet yang ditampilkan, kuat dugaan mobil tersebut merupakan generasi kelima Suzuki Grand Vitara yang sebelumnya telah meluncur di India pada 2022 lalu.

Sembari menunggu Grand Vitara model baru itu meluncur, tidak ada salahnya kita melihat ke belakang untuk membahas sejarah Suzuki Vitara yang pertama kali di debut di Jepang pada tahun 1988.

Baca juga: Panther Sudah Setop Produksi, Isuzu Fokus Garap Kendaraan Komersial

Berselang empat tahun kemudian, tepatnya 1992, sport utility vehicle (SUV) Suzuki ini baru masuk ke Tanah Air. Generasi pertama Grand Vitara kerap disebut dengan Suzuki Escudo.

Suzuki Escudo masuk ke dalam bursa mobil bekas tahun 90'an yang dibanderol Rp 50 juta Foto:Youtube Suzuki Escudo masuk ke dalam bursa mobil bekas tahun 90'an yang dibanderol Rp 50 juta

Kemudian pada tahun 1997, terjadi perubahan pada desain grille menjadi lebih simpel dan modern. Model ini disebut juga dengan Sidekick.

Di Indonesia Suzuki Escudo hanya tersedia versi lima pintu saja dengan mesin 1.600 cc.

Escudo dengan penggerak empat roda diproduksi pada tahun 1992 sampai 1994, dilanjutkan dengan Escudo penggerak belakang dari tahun 1994 hingga 2001, dan Sidekick dengan penggerak roda belakang pada tahun 1995 hingga 2001.

Baru pada tahun 2006, Suzuki memboyong Grand Vitara 2.000 cc untuk pasar Indonesia. Dengan menggunakan mesin 2.000 cc berkode J20A, diklaim memiliki tenaga maksimal 144 dk pada 6.800 rpm dan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.

Suzuki Escudo 1.6Dok. OTOMOTIF Suzuki Escudo 1.6

Sama seperti model sebelumnya, mobil ini memiliki konfigurasi lima penumpang. Generasi ini hanya dibekali dua varian yang ditawarkan oleh Suzuki, JX dan JLX dengan transmisi manual dan otomatis.

Kesan tangguh tetap terasa di Grand Vitara ini, lantaran dibekali sistem penggerak roda belakang (RWD), dengan ciri khas roda cadangan yang diletakkan pada bagian pintu belakang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.