Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roadamp Zero ODOL 2023, Dimulai dari Sosialisasi dan Edukasi

Kompas.com - 25/01/2023, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno mengatakan, diperlukan kolaborasi lintas sektoral dalam upaya penanganan kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL) yang menyebabkan tingginya kecelakaan lalu lintas.

Tujuannya, agar penanganan ODOL lebih optimal lagi dan dapat dilaksanakan secara utuh di lapangan serta dengan risiko yang minimal.

Menurut Hendro, pihaknya membutuhkan masukan serta kritikan dari pemangku kepentingan terkait, baik dari instansi pemerintah, kepolisian, dan stakholder lain dalam menyusun tahapan kegiatan dan rencana aksi penanganan Zero ODOL yang akan dilaksanakan tahun ini.

"Pada hari ini kami mengundang Bapak/Ibu sekalian dalam kegiatan ini untuk memberikan masukan dan support terhadap pelaksanaan penanganan Zero ODOL yang akan dilaksanakan mulai 2023 ini," ujar Hendro, dalam keterangan resminya, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: Target Zero ODOL 2023, Kemenhub Tunggu Hasil Tinjauan Roadmap

Untuk pelaksanaan pemberantasan ODOL pada tahun ini diperlukan pentahapan. Hal ini mengingat pada 2022 pelaksanaan penegakan hukum terkendala situasi sosial dan ekonomi.

Kecelakaan truk di tol Tangerang-Merakdok.Antara Kecelakaan truk di tol Tangerang-Merak

Dari kelangkaan minyak goreng di awal 2022 dan gejolak para pengemudi truk, sehingga perlu dilakukan pentahapan awal melalui pemantapan beberapa kegiatan sebelum dilaksanakan penegakan hukum yang lebih komperensif dan menyeluruh.

Hendro menjelaskan, tahaoan Zero ODOL meliputi beberapa hal, seperti sosialisasi dan edukasi, optimalisasi kinerja UPPKB, optimalisasi kinerja Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor (KIR Kendaraan), juga penegakan hukum melalui penerapan sanksi peringatan dan tilang.

Terhadap angkutan yang melakukan pelanggaran tata cara pemuatan yang membahayakan keselamatan, dilakukan Penangguhan Perjalanan dan transfer muatan. Tahap selanjutnya adalah penindakan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

"Pelaksanaan Zero ODOL 2023 akan memperhatikan situasi sesuai kebutuhan dan memperhatikan kondisi ekonomi, sosial dan politik di dalam negeri," kata Hendro.

Baca juga: Suzuki Pamer Siluet SUV Mirip Grand Vitara, Siap Meluncur Bulan Depan

Kendaraan ODOL melaju di jalan tolKompas.com/HildaAlexander Kendaraan ODOL melaju di jalan tol

Bila melihat dari tahapan penanganan, sebenarnya upaya-upaya tersebut tak asing lagi karena sudah pernah dilakukan. Bahkan sebelumnya sebagai bentuk tindak tegas dilakukan pemotongan unit dan lainnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.