Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Tawarkan Tenor Kredit LCGC hingga 7 Tahun

Kompas.com - 25/01/2023, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Skema kredit kerap dipilih warga Indonesia dalam upaya memiliki kendaraan baru. Hal ini lantaran dengan skema tersebut dinilai mampu menekan risiko kesulitan keuangan di masa mendatang usai melakukan belanja.

Tak heran jika beberapa produsen mobil memberikan program kredit yang menarik untuk menarik para calon konsumen baru.

Salah satunya Daihatsu yang menawarkan paket kredit tenor panjang, hingga mencapai 7 tahun bagi calon konsumen yang ingin membeli mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC).

Marketing and Corporate Planning Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani menilai, komposisi first buyer di segmen LCGC akan bergerak naik sejalan dengan perekonomian di Indonesia yang perlahan pulih usai diterpa pandemi Covid-19.

Baca juga: Toyota Innova Zenix Hybrid Inden Sampai Tahun Depan

Hal ini dibuktikan dengan tren konsumen first buyer yang membeli mobil di segmen LCGC secara kredit naik dari 70 persen ke arah 80 persen sepanjang tahun lalu.

“LCGC pada 2018 dan 2019, first buyer di angka 90 persen. Ternyata, bergerak ke 2022 sisanya tinggal 70 persen. Tapi, yang lebih mengejutkan lagi adalah komposisi kreditnya. First buyer-nya makin sedikit, tapi yang kredit tadinya 70 persen sekarang 80 persen,” ucap Agung, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini.

Promo cashback All New Ayla di Jawa Tengah Rp 10 jutaDok. Promo cashback All New Ayla di Jawa Tengah Rp 10 juta

Berkaca dari hal ini, pihak Daihatsu merasa perlu memfasilitasi konsumen yang ingin membeli LCGC dengan memberikan kredit tenor panjang. Hanya saja jumlah uang yang mesti dibayarkan konsumen akan semakin besar.

“Sebetulnya opsi kredit tujuh sampai delapan tahun sudah kami sediakan. Cuma, semakin lama tenor kan, akan semakin mahal,” ucap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Baca juga: Kymco Siap Luncurkan Skutik Terbaru Aroma 150

Sebagai informasi, pada periode Januari hingga Desember 2022, penjualan Daihatsu di topang oleh mobil di segmen LCGC yakni Sigra yang berhasil memimpin penjualan 47.066 unit.

Sementara Daihatsu Ayla berada di posisi keempat, setelah Gran Max Pikap dan Xenia, dengan total penjualan 23.150 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.