Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan sporty dan lisensi SNI tidak lantas menjadikan helm kebal dari penggunaan intensif sehari-hari. Ada perawatan simpel yang bisa dilakukan pengendara motor untuk menjaga kualitas helm tetap terjaga.

Sejatinya, tidak ada helm yang kebal terhadap kerusakan, baik ringan maupun berat. Hal itu disampaikan oleh Agus Hermawan selaku pemilik Juragan Helm.

"Enggak ada yang namanya helm anti-baret, helm pasti bisa tergores atau gompal," kata Agus kepada Kompas.com pada Senin (23/1/2023).

Baca juga: Nissan Niat Jual Sakura EV, Mobil Listrik Mini Lawannya Wuling Air EV

Desain spesial helm Alex Rins dengan motif batik untuk balapan pada MotoGP Mandalika.Dokumentasi Alex Rins Desain spesial helm Alex Rins dengan motif batik untuk balapan pada MotoGP Mandalika.
Untuk menghindari kerusakan itu, pengendara cukup melakukan perawatan mudah. Perawatan untuk helm juga terbilang seragam, baik yang mahal atau murah, keduanya bisa dirawat dengan metode yang sama.

"Helm mahal atau murah itu enggak ada bedanya. Soal perawatan, dua-duanya serupa," ujar alumnus Universitas Bina Nusantara itu.

Bagian Luar Helm

Bagian luar tentunya menjadi daya tarik utama dari sebuah helm. Jika dirawat dengan benar dan terhindar dari goresan-goresan, sehingga kesan sporty dari helm akan kian menonjol.

Baca juga: 3 Pilihan Helm dengan Harga di Bawah Rp 500.000

Helm saat digunakan di hujan- Helm saat digunakan di hujan

Agus memberikan tips penting yang bisa dengan mudah dilakukan. Meskipun mudah, nyatanya cukup banyak pengendara yang tidak menerapkan tips ini.

"Yang terpenting kalau ngerawat bagian luar, khususnya visor helm, jangan pernah menggunakan lap kering usai berkendara," ungkapnya.

Mengusap bagian luar helm, terutama di bagian visor setelah berkendara berpotensi memunculkan guratan-guratan halus karena serpihan debu yang menempel pada permukaan. Kain kering bisa menekan dan membuat guratan semakin jelas.

Ilustrasi helm.Dok. Stanly/Otomania Ilustrasi helm.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.