Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban bocor tidak mengenal waktu dan tempat. Ketika harus mengganti ban mobil maka pemilik mesti memerhatikan posisi jalanan saat hendak mengdongkrak mobil.

Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak, Jakarta Selatan, mengatakan, pengemudi hanya boleh mendongkrak mobil di kondisi jalan yang rata dan keras.

“Memarkir kendaraan pada area yang datar dan keras. Kemudian posisikan dongkrak pada titik dongkrak yang telah ditentukan seperti dijabarkan manual book,” kata Rafi’i beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bugatti Centodieci Diubah Jadi Mobil Balap 24 Hours of Le Mans

Dongkrak mobilFoto: Peugeot Dongkrak mobil

Jalan datar sebagai tumpuan membuat dongkrak lebih kuat. Selain itu tempatkan ban serep di bawah mobil. Supanya jika dongkrak meleset, mobil tidak jatuh ke tanah atau aspal yang membuat kerusakan.

Pada saat pemasangan dongkrak perlu diperhatikan apa jenis dongkrak yang digunakan, umumnya mobil dibekali dongkrak ulir yang bisa langsung pakai tanpa harus dibantu dengan jack stand.

Pemilik Bengkel Anugerah Auto Servis, Arjun, mengatakan pemasangan dongkrak ulir perlu memperhatikan kondisi jalan atau permukaan tanah, sebab bila tidak mendukung dongkrak malah bisa terjatuh.

“Seperti ketika mobil berhenti di jalan yang tidak rata, atau miring, itu berbahaya bila pemilik mobil memasang dongkrak ulir yang sangat sederhana, karena mobil akan lebih mudah bergeser atau dongkrak ambruk,” ucap Arjun.

Baca juga: Ribuan Peserta Tercatat Sudah Daftar Street Race di Kemayoran

Pengemudi mesti mengetahui titik tumpu yang aman untuk mendongkrak mobil.Foto: Tangkapan layar Pengemudi mesti mengetahui titik tumpu yang aman untuk mendongkrak mobil.

“Tanah yang empuk akan membuat dongkrak ulir ambles ke tanah, sehingga sebaiknya memilih tanah yang keras atau permukaan yang keras,” ucap Arjun.

Bisa saja menggunakan dongkrak ulir pada tanah yang empuk, kata Arjun, asal disediakan alas yang lebar sebagai tumpuan dongkrak.

“Dengan alas yang luas, gaya tekan dari berat mobill tidak akan terlalu besar karena luas penampang dari tumpuan dongkrak lebih besar, hal itu sejalan dengan hukum pascal bahwa luas penampang berbanding terbalik dengan gaya tekan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.