Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Niat Jual Sakura EV, Mobil Listrik Mini Lawannya Wuling Air EV

Kompas.com - 24/01/2023, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan belum lama ini meluncurkan multi purpose vehicle (MPV) listrik mini Sakura di Jepang.

Peluncuran tersebut sekaligus menambah jajaran kendaraan elektrifikasi Nissan yang sebelumnya sudah dihuni oleh Nissan Leaf dan Nissan Kick e-Power.

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) berencana membawa kendaraan mungil atau Kei Car bertenaga listrik tersebut ke pasar Indonesia. Meskipun pasar MPV saat ini kurang diminati di pasar Tanah Air.

Baca juga: Bugatti Centodieci Diubah Jadi Mobil Balap 24 Hours of Le Mans

“MPV kalau dibilang kurang menarik, saya pikir di Nissan itu tetap kembangkan. Salah satunya yang jelas di mata kita ada Serena e-Power yang masuk ke segmen MPV. Kemudian kalau saya menyebutnya mini MPV kita juga kembangkan yang varian listrik yakni Sakura,” ucap, Tan Kim Piauw, Direktur Sales dan Marketing PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI), saat ditemui di kawasan Pantai Indah Kapuk, belum lama ini.

Kei Car listrik Nissan Sakuradok.Nissan Kei Car listrik Nissan Sakura

“Sakura itu basic-nya MPV. Waktu kami lakukan test ride di sana itu memang basic-nya MPV. Jadi mereka masih produksi itu,” lanjutnya.

Tan Kim Piauw juga mengatakan, akan membawa lebih banyak mobil listrik ke Tanah Air, dengan teknologi e-Power maupun teknologi baterai seperti Leaf. Hanya saja, ia belum bisa mengungkapkan waktunya.

“Tepatnya kapan, kami masih bicarakan dengan prinsipal,” kata dia.

Baca juga: Pelanggaran Lalu Lintas Naik, Polda Jawa Tengah Uji Coba E-TLE Drone

Sebagai informasi, Nissan Sakura sudah resmi diluncurkan di Jepang. MPV mini listrik itu dilengkapi baterai lithium ion 20 kWh yang ditempatkan di bawah lantai kendaraan. Untuk sekali pengecasan mobil ini dapat menempuh jarak hingga 180 km.

Sedangkan motor listriknya, disebut memiliki tenaga 63 tk dan torsi 195 Nm yang disalurkan ke roda depan. Nissan Sakura diklaim memiliki kecepatan tertinggi mencapai 130 kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.